Juru Parkir Liar di Sanana Mengaku Diperintah Dinas Perhubungan, Begini Kata Kadis

Salah satu jukir yang beroperasi di depan toko Sederhana, Sanana, Minggu (15/1/2022). (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Juru parkir (jukir) liar mulai marak beroperasi di kawasan pertokoan Kota Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Seperti yang terlihat di depan toko Sederhana, Minggu (15/1/2023). Dua pemuda berpakaian preman selalu menarik jasa parkir kendaraan utamanya sepeda motor

Erwin, salah satu pengendara berujar, dirinya pernah ditarik parkir oleh jukir tersebut saat memarkir sepeda motor di depan toko Sederhana.

"Hampir dua minggu ini mereka pungut biaya parkiran. Biasanya itu tidak ada,"kata Erwin kepada malutpost.id, Minggu (15/1/2023).

Anehnya, para pemuda tersebut mengaku diperintah langsung petugas dari Dinas Perhubungan.

"Ini perintah langsung dari Dishub Kepulauan Sula,"kata pemuda tersebut yang enggan menyebut namanya.

Pengakuan ini bantah Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Sula, Chairullah Mahdi. Bahkan, kata Chairullah, Kepsul belum memiliki peraturan daerah soal penarikan jasa retribusi parkir tepi jalan umum. Pemerintah masih menunggu pengesahan Perda dari Kemendagri dan Kemenkum HAM.

"Itu bukan dari Dishub Kepulauan Sula yang menagih. Aturan masih harus disahkan baru buat Perbup parkir di tepi jalan umum, jadi belum ada aturan maka itu pungutan liar," tandas dia. (mg-01)

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...