Empat Pria di Halmahera Barat Diserang Buaya saat Cari Ikan, Satu Korban Dilarikan ke RS

Korban diserang buaya mendapat perawatan di RS Jailolo, Halbar, Rabu (18/1/2023).

Jailolo, malutpost.id -- Randito Saraminag (27) warga Desa Tuguraci, Kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Maluku Utara, nyaris kelihangan nyawa.

Pemuda tersebut diserang buaya saat memanah ikan di pantai Desa Sidangoli Gam pada, Rabu (18/1/2023) malam sekira pukul 22.30 WIT. Korban berhasil selamat dari amukan predator tersebut dan dilarikan ke RS Jailolo karena mengalami luka sobek akibat gigitan buaya.

Kasi Humas Polres Halbar IPTU Yoherson Dodowor, mengatakan, korban saat itu bersama adiknya, Rido Saraminag (23) dan dua temannya Feri Pimpin (36) dan Jilman Mandak (40) hendak keluar mencari ikan. Mereka berangkat dari Desa Tuguraci menuju Sidangoli Gam menggunakan dua loangboat.

Di pantai desa tersebut tepatnya depan Pelabuhan Sidangoli, mereka berempat turun ke laut dan menyelam bersama mencari ikan menggunakan panah. Tiba-tiba muncul seekor buaya diperkirakan berukuran 4 meter menyerang korban Randito Saraminag tepat di dada bagian kiri dan punggung belakang.

"Sehingga membuat tubuh korban megalami luka sobek dan luka bocor," jelas Yoherson, Kamis (19/1/2023).

Dari keterangan ketiga saksi, lanjut dia, saat itu ketiga temannya berupaya menolong korban dengan cara menindiknya ke dasar laut, namun buaya terus menyerang, sehingga Feri Pimpin dan Jilman Mandak naik ke perahu untuk menarik tali jangkar yang saat itu terikat atau tersambung langsung di pinggang korban, sedangkan Rido Saraminag memantau pergerakan buaya dari dalam laut.

"Setelah 15 menit berusaha menyelamatkan, korban berhasil ditolong lalu berhasil menarik tali ke atas perahu," ujar dia.

Yoherson bilang, warga setempat mendengar suara minta tolong dari ketiga saksi, sehingga warga ramai-ramai menggunakan perahu dan sped untuk mengevakuasi korban.

"Korban dilarikan ke Puskesmas Sidangoli. Namun luka sangat serius serta keterbatasan peralatan medis, sehingga korban dirujuk ke RSUD Jailolo," pungkas dia. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...