Sebar Video Call Sex, Pemuda di Ternate Bakal Dijerat UU ITE

Ternate, malutpost.id -- Seorang remaja perempuan 16 tahun di Ternate, Maluku Utara, melaporkan salah satu teman sekolahnya atas dugaan penyalahgunaan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) ke Polres Ternate.

Pasalnya, pelaku diduga menyebarkan rekaman telepon video atau video call sex korban yang akhirnya viral di medsos Tik Tok ok, WhatsApp dan Instagram beberapa waktu lalu.

"Kita bersama orang tua korban sudah laporkan ke Polres Ternate untuk diproses,"kata Mirjan Marsaoli, kuasa hukum korban dalam konferensi pers, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Mirjan, video korban itu viral dan diketahui oleh guru korban di sekolah yang kemudian melapor ke orang tuanya.

Dia bilang, video tersebut pertama kali tersebar pada 3 Agustus 2022 dan viral pada 7 Januari 2023 lalu.

Dikatakan Mirjan, korban awalnya dipaksa dan diancam melakukan video call sex dengan pelaku. Korban awalnya menolak, namun pelaku mengancam korban bahwa ia mengetahui persetubuhan korban dengan teman prianya pada Agustus 2021 di Ternate Selatan.

"Dia (pelaku) ini ancam korban bahwa akan viralkan video persetubuhan dengan salah satu temannya, makanya pelaku meminta video call kemudian secara diam-diam dia merekam lalu viralkan," kata Mirjan.

Penasehat hukum lainnya, Bahtiar Husni, menambahkan, selain melapor kasus terkait ITE, pihaknya juga melapor kasus persetubuhan anak di bawah umur.

"Ini terkait dengan persetubuhan anak di bawah umur, kejadian ini kita sudah lapor di Polres Ternate," tambah Direktur YLBHI Malut itu.

Sementara, Kasi Humas Polres Ternate, IPTU Wahyuddin, saat dikonfirmasi malutpost.id, membenarkan adanya laporan  dari penasehat hukum korban.

"Iya benar ada laporan pengaduan," singkatnya melauli sambungan telepon. (mg-12) 

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim 

Komentar

Loading...