Bahasa Indonesia di Mata Dunia Sekarang

Oleh: Azhari Rizki Salim
(Mahasiswa Sastra Indonesia, FIB Unkhair)

Seperti yang kita semua tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki berbagai macam keragaman salah satunya merupakan keragaman bahasa. Berdasarkan data dari Ethnologue Indonesia memiliki sekitar 715 bahasa, hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan bahasa terbanyak kedua di dunia. Ethnologue itu sendiri merupakan majalah dan jurnal yang terbit di internet dan menjadi salah satu institusi yang mempelajari bahasa di dunia dan memiliki kredibilitas yang besar.

Karena keragaman bahasa tersebut, maka pada tanggal 18 Agustus 1945 ditetapkanlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan komunikasi resmi. Kenapa ditetapkan karena sebagai alat komunikasi agar kita lebih bisa berkembang sebagai suatu bangsa dan negara. Bahasa Indonesia itu sendiri diajarkan di sekolah-sekolah dan digunakan dalam pemakaian di media elektronik, digital, dan berbagai bidang lainnya.

Apa sih pentingnya bahasa Indonesia di negara Indonesia?

Dalam perkembangannya bahasa Indonesia terus mengalami perkembangan, dengan jumlah penutur yang terus meningkat dan persebaran-nya terus meluas dari sabang sampai marauke. Dengan penutur yang semakin meningkat berarti fungsi bahasa Indonesia itu sendiri semakin terlihat. Fungsi bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia itu adalah ;

Sebagai Bahasa Persatuan.

Mencegah Kebingungan dalam Komunikasi dan Miss Informasi.

Sebagai Tata Aturan Penulisan

Sebuah bahasa bukan hanya alat komunikasi tapi juga sebagai hal yang menjadi identitas diri kita sebagai satu kesatuan dan bangsa. Dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, banyak bahasa yang baru dibuat atau yang sering disebut bahasa gaul seperti GABUT, ada juga bahasa yang disingkat yang kadang membuat kita kebingungan sendiri seperti YGY  dengan adanya bahasa Indonesia ini kita lebih bisa berkomunikasi dengan baik. Pasti pernah kan dengar quotes yang ini "Ingatan yang bagus tidak sebaik tulisan yang buruk" , dari sini bisa dilihat betapa pentingnya sebuah tulisan bagi sebuah peradaban dan bangsa.

Bagaimana Eksistensi Bahasa Indonesia di Mancanegara?

Di kancah internasional Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara dan persebaran nya pun telah mencakup 47 negara di dunia. Bahasa Indonesia pun cukup eksis di negara Australia dan Vietnam. Contohnya posisi bahasa Indonesia sebagai bahasa ke-dua di negara Vietnam di kota Hi Chi Minh. Hal ini merupakan hasil dari upaya pemerintah dalam memperkenalkan Bahasa Indonesia di kancah internasional.

Pemerintah sendiri telah melakukan program pembelajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA), yang telah diselenggarakan oleh 428 lembaga yang difasilitasi oleh pemerintah ataupun mandiri. Program BIPA sendiri sudah memfasilitasi lebih dari 142.000 pelajar Bahasa Indonesia aktif.

Tidak hanya itu, Bahasa Indonesia juga diajarkan sebagai mata kuliah disejumlah kampus dan universitas kelas dunia yang berada di luar negeri, dan setidaknya ada 52 negara asing membuka Program Studi Bahasa Indonesia, beberapa di antaranya; Inggris, Amerika Serikat, Australia, Maroko, Vietnam, Kanada, Jepang, Ukraina, Korea Selatan, Hawaii, dll.

Yang Menjadi Penyebab Meningkatnya Eksistensi Bahasa Indonesia di Kancah Internasional

Pengenalan Bahasa Indonesia dilakukan melalui pertukaran budaya, hubungan perdagangan, dan kerja sama internasional. Salah satu contohnya dalam pertukaran budaya adalah youtuber asal Korea Selatan yaitu Moon Jisun atau channel nya yang bernama Hari Jisun.

Dia memulai karir nya dengan memiliki hobi mencoba makanan luar negeri salah satunya Indonesia, karena ternyata video tersebut memiliki penonton yang tinggi maka dia terus berulang kali membuat konten tentang budaya Indonesia terutama makanan Indonesia yang beraneka ragam hingga karir nya meningkat karena membuat konten tentang budaya Indonesia maka dia mulai mempelajari bahasa Indonesia.

Dan sekarang mulai banyak warga negara asing yang memulai karir seperti Moon Jisun dari berbagai negara seperti Korea, Jepang, Amerika, Australia dan lain-lain yang membuat konten dengan menggunakan media bahasa Indonesia ataupun kebudayaan Indonesia seperti channel Kencampur, Bang Joe, dsb.

Hal yang sama pun terjadi terhadap masyarakat di Indonesia, peminat Bahasa Asing semakin meningkat bisa kita lihat dengan semakin banyak perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan bahasa asing. Dari contoh kasus di atas bisa kita cermati bahwa sebenarnya fenomena tersebut memberikan dampak yang baik bagi negara kita.

Eksistensi bahasa Indonesia di mancanegara merupakan hal yang sangat membanggakan, namun kita sendiri tidak boleh lupa juga dengan eksistensi bahasa Indonesia di negara kita. Sebagaimana yang sering kita jumpai, penggunaan bahasa Indonesia mulai menyimpang dari aturan tata bahasa yang ada.

Dan banyak dari masyarakat Indonesia yang menganggap hal tersebut sebagai suatu hal yang biasa, padahal jika terus menerus dibiarkan maka penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar bisa terlupakan. Khususnya di kalangan remaja tingkat SMP dan SMA.

Untuk itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus terus semangat untuk melestarikan dan mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tidak lupa pula kita berusaha untuk mendidik dan menyebarkan pentingnya bahasa Indonesia di masa yang akan datang, yaitu masa integrasi teknologi digital. (*)

Komentar

Loading...