Unkhair Ternate Lakukan Studi AMDAL Rencana Pembangunan Wisata Pulau Maitara

FGD terkait persiapan pembangunan wisata Pulau Maitara oleh FKIP Unkhair Ternate, Rabu (25/1/2023).

Ternate, malutpost.id -- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara, melakukan konsultasi publik studi analisis mengenai dampak lingkungan atau AMDAL rencana pembangunan wisata Pulau Maitara, Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di balai Desa Maitara pada Minggu, 25 Desember 2022 lalu.

Dekan Fakultas FPIK Unkhair Ternate, Dr. M. Janib Achmad, S.Pi.M.Sc mengatakan, konsultasi publik merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan AMDAL yang bertujuan untuk memperoleh saran, pendapat dan tanggapan dari masyarakat.

Yang meliputi, informasi deskriptif tentang kondisi lingkungan yang berada di dalam dan di sekitar lokasi atau tapak rencana usaha kegiatan.

"Nilai-nilai lokal yang berpotensi akan terkena dampak rencana usaha kegiatan, aspirasi masyarakat, keinginan dan harapan terkait dengan rencana usaha kegiatan," kata Janib, kepada wartawan, Rabu (25/1/2023)

Konsultasi publik ini dilakukan dengan metode focus group discussion (FGD). Janib menuturkan, kegiatan tersebut melibatkan perangkat desa, tokoh masyarakat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tikep serta Dekan FPIK Unkhair.

"Dan Dr. Najamuddin selaku koordinator tim penyusun serta anggota tim penyusun serta perwakilan desa-desa di Maitara," ujar dia.

Lebih lanjut, Janib berujar, hasil konsultasi publik yang tertuang dalam berita acara konsultasi. Masyarakat akan mengirim utusan untuk mengikuti pembahasan AMDAL pembangunan wisata di lokasi tersebut.

"Dalam kegiatan ini masyarakat sangat mendukung rencana kegiatan pembangunan tersebut, dengan harapan kegiatan ini dapat mempercepat aktivitas ekonomi di Kota Tidore Kepulauan umunya dan Pulau Maitara khususnya," pungkasnya. (mg-12)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...