Gara-gara Ini, Ratusan Siswa SMK 1 Ternate Demo Kepala Sekolah

Aksi protes siswa SMK 1 Ternate di halaman sekolah, Rabu (1/2/2023). (Foto: Narto/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Ratusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ternate, Maluku Utara, berkumpul di halaman sekolah, Rabu (1/2/2023) pagi tadi.

Para pelajar ini membentang poster di depan ruang guru berisi protes dan menyuarakan aspirasi meminta kepala sekolah diganti karena melarang mereka menggunakan fasilitas sekolah. Poster yang dipajang bertuliskan "Ganti Kepsek". Mereka juga menyoroti komite sekolah dengan kalimat satire seperti, "Komite Elit Fasilitas Sulit".

Kepada malutpost.id, para pelajar ini mengaku resah karena kepsek melarang siswa menggunakan fasilitas sekolah seperti lapangan olahraga di halam sekolah.

"Ini demo kepsek soal kebijakan yang tidak sesuai dengan kemauan kita, seperti fasilitas yang dilarang digunakan contohnya lapangan dan beberapa fasilitas lain," kata salah satu siswa yang menolak namanya diberitakan, Rabu (1/2/2023).

Menurut mereka, aksi itu atas kesadaran semua siswa di SMK tersebut karena mereka tidak pernah telat membayar SPP. Beberapa siswa lainnya mengaku, aksi ini dilakukan lantaran sekolah tidak merespon saran yang mereka sampaikan melalui wali kelas.

"Kami semua yang ingin aksi ini, tidak ada yang memprovokasi. Kami sudah pelan-pelan sampaikan aspirasi ini ke wali kelas juga tapi tidak digubris,"kata pelajar lainnya. (mg-12)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...