Kepulauan Sula Miskin Inovasi, Wakil Bupati Sebut Pejabat Tidak Serius Kerja

M Saleh Marasabessy. (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, dikategorikan sebagai daerah kurang inovatif oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan skor indeks 0,80 dan berada di urutan 376.

Wakil Bupati M Saleh Marasabesy menyebut, pejabat di di Pemda Kepsul sangat lamban dan tidak mampu berinovasi serta menerjemahkan program "Sula Bahagia" yang digodok Bupati Fifian Adeningsi Mus dan dirinya. Padahal, masalah inovasi selalu ia tekan dalam setiap kesempatan.

"Inovasi di Kepsul terbilang menurun karena SKPD tidak konsentrasi. Padahal, mereka menjadi ujung tombak daerah, kemudian di dinas terkait terutama kepala dinas manajemen program tidak sesuai dengan misi,"tegas Saleh, Kamis (2/2/2023).

Selain jajaran pimpinan birokasi, kata Saleh, ASN juga dinilai tidak serius bekerja. Saleh mengaku selalu mengontrol kinerja dan progres program setiap OPD.

Saleh bilang, Pemda Kepsul sebelumnya pernah diundang oleh Kemendagri untuk mempresentasikan perkembangan daerah. Karena itu, mantan ASN itu tidak meragukan data dan hasil penilaian Kemendagri yang akan dijadikan bahan evaluasi.

Lebih lanjut, Saleh menilai, rendahnya skor indeks inovasi daerah ini juga dipengaruhi kurang maksimal pelaporan inovasi oleh jajarannya. Jika tidak dibenahi, maka daerah tidak ada perubahan.

"Untuk itu, kita harus mencari tahu apa penyebab penurunan inovasi ini supaya menjadi bahan evaluasi,"tandas Saleh. (mg-01)

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...