Empat Tahun Keberhasilan Haji Robert Kelola PT NHM, jadi Tambang Terbaik

Menambang dengan Hati, Terus Berkontribusi pada Masyarakat

KOMPAK: Pose Presiden Direktur PTNHM Haji Robert Nitiyudo Wachjo bersama Gubernur Abdul Gani Kasuba dan jajaran Forkopimda dan PT. NHM

Sebagai bentuk syukur atas keberhasilan PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) yang sudah empat tahun dikelola Indotan Group melalui PT Indotan Halmahera Bangkit, PT.NHM menggelar acar dengan tajuk ‘Gosowong Bersyukur’.

Presiden Direktur PTNHM Haji Robert Nitiyudo Wachjo mengatakan, keberhasilan PT NHM saat ini karena kehebatan dari semua karyawan. Manajemen kekeluargaan yang dibangun sehingga semua orang bekerja dengan semangat karena merasa satu keluarga.

Pasca kepemilikan Newcrest berakhir, lalu diambil alih PT Indotan Halmahera Bangkit, telah banyak perubahan yang dilakukan dalam kurang waktu empat tahun terakhir.

Haji Robert mengaku, langkahnya dalam mengambil alih PT NHM, mendapatkan respons baik dari Gubernur Maluku Utara dan Bupati Halmahera Utara, serta sejumlah pemangku kepentingan di Malut. “Banyak hal yang telah kami lakukan mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun dari karyawan sehingga berjalan baik hingga saat ini,” kata Haji Robert.

Sebelum berakhirnya masa kontrak, PTNHM telah melakukan upaya untuk mencari deposit mineral baru dan itu telah berhasil dilakukan. Menurut tenaga ahli yang didatangkan, deposit mineral yang ada di PT NHM masih akan bertahan hingga 20 tahun kedepan. “ Pada awal pengeboran mencari deposit mineral yang baru, sekitar dua tahun dilakukan tidak ditemukan cadangan emas. Namun dengan hati yang benar-benar bersih dan tekad yang kuat akhirnya diperoleh deposit mineral yang sangat banyak, bahkan hingga 20 tahun kedepan,” ungkapnya.

Haji Robert menambahkan, sejak mengambil saham PT NHM langsung diperhadapkan dengan musibah Covid-19. Namun semuanya dapat dilewati karena rahmat dan anugerah Allah. Meski di tengah Covid 19 pada tahun 2020, PT NHM masih tetap mendapatkan keuntungan yang luar biasa. “ PT NHM masih akan terus menambang dengan hati dengan tetap menyentuh hingga ke seluruh masyarakat yang berada di lingkar tambang dan akan terus membuka peluang kerja yang besar,” tandasnya.

Haji Robert sendiri telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat, tak hanya di kawasan lingkar tambang yang berada di Halmahera Utara, tapi juga hingga ke Maluku Utara pada umumnya. “Saya selaku pemilik PT NHM akan tetap menyayangi masyarakat terutama memberikan pelayanan terbaik, baik itu pelayanan orang sakit, melakukan bedah rumah bagi keluarga kurang mampu dan memberikan santunan-santunan serta berbagai jenius bantuan lainnya,” ucapnya.

Sejak dikelola oleh Haji Robert, selain telah berhasil mencari cadangan emas baru, berbagai peralatan tambang juga dilakukan revitalisasi, kesejahteraan karyawan juga terus ditingkatkan. PTNHM juga mampu membayar pajak yang besar ke pemerintah serta memberikan kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pengelolaannya, masyarakat lingkar tambang diikutsertakan untuk menambang dengan pola penambangan konvensional yang membuat penghasilan masyarakat meningkat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah prioritas utama selain produksi yang maksimal. Dengan semua itu, PTNHM menjadi perusahaan tambang terbaik di Maluku Utara.

Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba yang juga hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi yang besar terhadap PTNHM dibawah kepemimpinan Haji Robert, karena terus berinvestasi di Gosowong PT NHM, meski telah disampaikan pihak Newcrest bahwa cadangan emas di Gosowong sudah habis dan tidak ada deposit mineral lagi. Namun dengan keyakinan Haji Robert, mereka tetap berupaya melanjutkan investasi dengan membeli saham PTNHM.

Kata gubernur, itu merupakan langkah berani yang dilakukan Haji Robert, sehingga lewat upaya dan kerja yang dilandasi hati, sehingga ditemukan deposit mineral yang sangat baik. “ Bahkan bertahan hingga 20 tahun kedepannya. Semoga apa yang dilakukan terus memberikan hasil yang besar untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar gubernur.

Sementara itu Bupati Halmahera Utara (Halut) Frans Manery dalam sambutannya menyampaikan, Pemda Halut memberikan apresiasi, dikarenakan di hari kedua di bulan Februari, bersama-bersama keluarga besar PT NHM telah dilaksanakan kegiatan Gosowong Bersyukur.

Semua harus bersyukur atas apapun yang terjadi, apalagi dengan terus dilakukan operasional untuk pengelolaan emas di Gosowong. Halmahera Utara, kata bupati, memiliki 196 desa tersebar pada 17 kecamatan yang dihuni 201 ribu jiwa. “NHM sendiri berada di bagian selatan Halmahera Utara. Perusahan ini sudah bergerak 20 tahun lebih, dan hari ini ada deposit emas yang cukup besar. Ini bisa terjadi karena anugerah dari Tuhan,” ujarnya.Selaku pimpinan daerah, Frans mengimbau khusus kepada lima kecamatan di lingkar tambang untuk menjaga PT NHM. “ Karena PTNHM adalah aset kita semua,” pungkasnya.

Acara Gosowong Bersyukur selain dihadiri langsung Presiden Direktur (Presdir) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM) Haji Robert Nitiyudo Wachjo, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Bupati Halut Frans Manery, kegiatan ini juga dihadiri  Kapolda Malut, Irjen Pol. Midi Siswoko, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI. Ruruh A. Setyawibawa, Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI. Novi Rubadi Sugito, Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud, Ketua DPRD Halmahera Utara Janlis Kitong, serta unsur Forkopimda lainnya dan para petinggi PT Antam dan juga jajaran Direksi dan Management PT NHM, para karyawan, serta para camat, kepala desa dan para tokoh adat di lingkar tambang. Acara ini juga diselingi tarian Cakalele dan Tide-tide (rls/rul)

Komentar

Loading...