Engelina Pattiasina: Pertumbuhan Ekonomi Tinggi Maluku Utara untuk Siapa?

Engelina Pattiasina

Jakarta, malutpost.id -- Pemerintah wajib memastikan kalau pertambangan nikel menyertakan masyarakat lokal. Sebab, tidak boleh terjadi, nikel masyarakat dikeruk begitu saja tanpa memberikan masyarakat peluang untuk menikmati kekayaan alamnya.

Sebab, pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Maluku Utara belum bisa menjawab kesejahteraan rakyat Maluku Utara.

“Apa artinya pertumbuhan ekonomi yang tinggi tapi kalau tidak berdampak kepada pengentasan kemiskinan dan perbaikan kesejahteraan. Untuk itu, kita harus diuji lagi apakah pertumbuhan itu meningkatkan kesejahteraan rakyat atau tidak?” kata Direkrtur Archipelago Solidarity Foundation,Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina dalam rilis yang diterima, Juma5 (10/2/2023).

Belum lama ini, jelas Engelina, Presiden Joko Widodo dalam Mandiri Investment Forum (MIF) Tahun 2023, di Jakarta pada 1 Februari 2023 mengungkapkan pertumbuhan investasi yang sangat bagus di Indonesia selama tahun 2022. Presiden mengungkapkan, investasi di 2022 mencapai Rp 1.207 triliun.

Menurut Engelina, Presiden juga mengungkapkan dari pertumbuhan investasi itu sebesar 53 persen berada di luar Jawa dan 47 persen berada di Jawa. Pertumbuhan di luar Jawa itu terjadi di Sulawesi, baik di Maluku Utara, baik di Sumatra.

Baca Halaman Selanjutnya..

Selanjutnya 1 2 3 4 5

Komentar

Loading...