Pemkot Ternate Buka Rekrutmen PTT Dokter dan Guru, Gaji Ikut Naik

Samin Marsaoly

Ternate, malutpost.id -- Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara, membuka rekrutmen lowongan kerja pegawai tidak tetap (PTT) untuk tenaga dokter dan guru.

Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, Samin Marsaoly, mengatakan, rekrutmen guru pada 2023 ini 100 orang untuk guru. Sedangkan untuk dokter 4-5 orang khusus di tiga kecamatan terluar, Pulau Batang Dua, Pulau Hiri, dan Pulau Moti yang masih kekurangan tenaga dokter.

Perekrutan ini menyusul 100 tenaga PTT guru telah lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022 lalu.

Samin bilang, meski perekrutan umum, namun pemkot memprioritaskan khusus tiga kecamatan terluar.

“Bahkan saya sudah minta ke Pak Camat dan kepala-kepala sekolah jadi berbasis KTP itu yang paling kita prioritaskan,” kata Samin, Senin (13/2/2023).

Menurut Samin, prioritas itu dimaksudkan agar tidak ada lagi PTT yang pergi-pulang ke Ternate. Dengan demikian pula, kualitas pelayanan bisa lebih dirasakan masyarakat.

“Kita berharap dengan berpihak kepada putra-putri yang ada di Batang Dua, Hiri, dan Moti, kedepan nanti mereka bisa bersaing untuk menjadi PPPK di wilayah itu, bukan lagi orang dari luar,” jelas Samin.

Lanjut dia, untuk lowongan tenaga dokter PTT, Pemkot Ternate memberi kuota 1 dokter umum untuk Pulau Batang Dua, 1 dokter umum untuk Pulau Hiri dan 2 dokter umum untuk Pulau Moti.

Kabar baiknya lagi, tenaga dokter di tiga kecamatan ini juga disesuaikan gajinya yang dinaikan tahun ini.

Rinciannya, untuk dokter PTT di Pulau Hiri yang semula digaji Rp 3 juta kini dinaikkan menjadi Rp 5 juta, untuk dokter PTT di Pulau Moti yang semula Rp 3 juta dinaikkan menjadi Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk dokter PTT di Pulau Batang Dua yang sudah lebih dulu dinaikkan yakni Rp 17 juta.

Kenaikkan gaji itu dibijaki Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, agar para dokter PTT bisa lebih terjamin kesejahteraannya dan lebih maksimal melayani masyarakat.

“Makanya itu Pak Wali sudah keluarkan perwali untuk menaikkan mereka punya gaji di tiga pulau terluar ini,” ujar Samin.

Bicara soal gaji, untuk PTT guru dalam perekrutan ini alokasi gajinya sudah diplot dalam APBD 2023 menggunakan anggaran gaji guru PTT yang kini sudah menjadi PPPK. (ikh)

Laporan: Ikram Salim 

Komentar

Loading...