Pemda Kepulauan Sula Bakal Bangun RS Pertama di Pulau Mangoli

Suryati Abdullah. (Foto: Istimewa)

Sanana, malutpost.id -- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, segera membangun rumah sakit pertama di Pulau Mangoli. RS tipe D itu bakal dibangun di Desa Dofa, Kecamatan Mangoli Barat.

"Rencana pembangunan RS Pratama ini telah masuk tahap perencanaan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Kepulauan Sula, Suryati Abdullah, Senin (20/2/2023).

Suryati mengungkapkan, RS tersebut bakal menelan dana sebesar Rp64 miliar dari Kementrian Kesehatan melalui dana alokasi khusus (DAK) yang ditargetkan akan selesai tahun ini.

"Pembangunan rumah sakit ini 2023 harus selesai. Karena kita dapat rumah sakit ini lengkap, baik bangunannya, sarana prasarananya, serta alat-alat kesehatannya,"ungkap Suryati.

Suryati berujar, Desa Dofa menjadi lokasi yang paling strategis, karena aksesnya selain bisa menjangkau wilayah Mangoli, juga dapat menjangkau sebagian dari Pulau Taliabu yang bisa dilayani melalui RS ini.

"Pokoknya menurut lokasinya sangat strategis. Karena kalau ada warga yang sakit, baik dari Pulau Mangoli dan sebagian dari Pulau Taliabu untuk berobat aksesnya sudah dekat,"kata Suryati.

Pemerintah meminta dukungan dari masyarakat, agar pembangunan RS berjalan lancar. Sebab, selain mempermudah akses kesehatan, juga bisa mengakomodir tenaga kesehatan asal Kepsul."

Karena pastinya akan butuh tenaga kesehatan,"tandasnya. (mg-01)

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...