Puskemas Sulamadaha Buka Posko Pelayanan Warga yang Diduga Keracunan

Posko pelayanan di Tobololo. (Foto: Narto/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Puskesmas Sulamadaha membuka posko tim gerak cepat (TGC) di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Ternate Barat, Kota Ternate, Maluku Utara, untuk layanan warga yang diduga keracunan makanan.

Penanggung jawab Polindes Kelurahan, Irma Gandahur, menjelaskan, adanya posko tersebut pasien dengan mudah mendapat pelayanan jika masih ada yang mengalami gejala keracunan.

"Agar terjadi apa-apa masyarakat bisa jangkau dekat saja, antisipasi biar tengah malam kan bisa di atasi di sini," kata Irma, kepada malutpost.id, saat ditemui di Tobololo, Senin (20/2/2023).

Dalam posko juga menyiapkan dua dokter dan tenaga medis lainnya. Menurut Irma, saat ini ada dua warga yang mengalami keluhan sama seperti beberapa warga lainnya yang dilarikan ke RS.

"Jika tidak bisa diatasi disini (posko) baru dirujuk, kita juga sudah siapkan mobil ambulans," kata dia.

"Untuk hari ini dua orang juga alami gejala juga, tapi ditangani di rumah saja, posko ini juga memudahkan pasien yang belum ada BPJS kesehatan untuk kita tangani," tambah Irma.

Irma bilang, dari puluhan pasien yang mendapat perawatan medis di sejumlah rumah sakit, ada 2 pasien atas nama Foni (dewasa) dan Arsil (anak-anak) yang sudah kembali ke rumah dari total pasien 38 rawat inap. (mg-12)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...