Hutan Halmahera Barat Dilanda Kebakaran Hebat

Kebakaran hutan di Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Rabu (1/3/2023).

Jailolo, malutpost.id -- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Domato, Kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Rabu (1/3/2023) sekira pukul 16.00 WIT.

Hutan yang dipenuhi rumput ilalang itu dikepung api yang menjalar hingga beberapa ratus meter. Beruntung, kebakaran itu terjadi di lahan kosong yang tidak terisi tanaman warga.

Namun, api yang membesar menyebabkan  asap tebal menutupi jalan lintas arah Sidangoli menuju Tobelo sehingga mengakibatkan pengendara motor dan mobil tidak dapat melintas kurang lebih dua jam.

Kasi Humas Polres Halbar IPTU Yoherson Dodowor menjelaskan, api pertama kali terlihat oleh salah seorang anak Desa Domato. Saat itu api sudah membesar dan menghanguskan lahan kosong bahkan sempat merembet ke arah belakang rumah salah satu warga. Beruntung, mereka berhasil memadamkan api tersebut sehingga kobaran api tidak merembut ke rumah mereka.

"Tak berselang lama anggota piket Polsek Jalsel tiba di lokasi kejadian dan dibantu warga setempat untuk melakukan upaya pemadaman dengan peralatan seadaanya, jadi info awal kita dapat dari Bapak Dir Laba yang rumahnya di dekat kejadian," jelasnya.

Meski begitu, kata dia api belum berhasil dipadamkan dikarenakan angin yang kencangkan sehingga menyulitkan polisi dengan warga melakukan pemadaman. Belum diketahui penyebabnya kebakaran hutan tersebut. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim 

Komentar

Loading...