Kuota Haji Lansia Kota Ternate 2023 Hanya 8 Orang, Jumlah Totalnya 268 Orang

Amir Tomagola.

Ternate, malutpost.id -- Kuota haji untuk Kota Ternate, Maluku Utara, tahun 2023 telah diputuskan. Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor 323 Tahun 2023, kuota calon jemaah haji Kota Ternate sebanyak 268 orang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Ternate, jumlah kuota haji itu terdiri dari 8 orang CJH lanjut usia dan 260 lainnya jemaah umum. "Maka total keseluruhan berjumlah 268 jemaah," kata Amir, kepada malutpost.id, di ruang kerjanya, Rabu (8/3/2023).

Amir mangatakan, untuk jemaah lansia belum diputuskan siapa saja yang masuk dalam kategori tersebut. Pihaknya, lanjut Dia, masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat.

"Tapi untuk Ternate kami telah verifikasi data di bagian PPIH Kota Ternate, untuk umur lansia itu 82 tahun, dengan demikian maka urutan pertama umur 82 selanjutnya 81 sampai 80,"jelasnya.

Tidak hanya nama jemaah lansia, ongkos biaya naik haji atau ONH tahun 2023 ini juga belum ada keputusan resmi dari Kementrian Agama RI.

"Kita berdoa kepada Allah SWT dalam waktu singkat ada keputusan Menteri Agama yang menjelaskan terkait berapa besar ONH di tahun 2023 walaupun sudah ada kesepakatan dari DPR RI dengan pemerintah pusat," kata Amir.

Amir bilang, CJH yang siap bertolak ke Tanah Suci tahun ini mulai melaksanakan rangkaian persiapan seperti, pemeriksaan kesehatan dan manasik mandiri.

"Siap berangkat, sudah kami arahkan untuk pemeriksaan kesehatan awal juga manasik mandiri," pungkasnya. (mg-12)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...