Stok Obat Sering Kosong, Komisi III DPRD Halmahera Barat Soroti Program Kesehatan Gratis

Asdian Taluke.

Jailolo, malutpost.id -- Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Asdian Taluke menyoroti program Halbar Sehat yang diusung Bupati dan Wakil Bupati James Uang - Djufri Muhammad. Program tersebut rencananya akan di-launching di RSUD Jailolo dan seluruh puskesmas pada Maret ini.

Asdian menilai, program pemeriksaan dan pengobatan sangat bagus. Hanya saja, Asdian meminta Pemda Halbar juga mestinya memikirkan insentif tenaga kesehatan. Dia juga meminta pemerintah memastikan kesediaan obat di rumah sakit dan puskesmas.

"Baru-baru ini ada pasien dari Loloda yang dirujuk dari puskesmas ke RS Jailolo tidak mendapat pelayanan yang optimal. Bahkan obat yang dibutuhkan oleh pasien ternyata kosong di apotik RS dan mereka terpaksa berobat di luar RS. Itu artinya mengeluarkan biaya. Nah kalau misalnya ada pasien yang tebus obat di luar begitu apa yang harus digratiskan?," kata Asdian dengan nada tanya, Senin (13/3/2023).

Ketua Fraksi Gerindra ini menungkap, kekurangan obat ini tidak hanya terjadi di RS, namun hampir seluruh puskesmas di Halmahera Barat. Untuk itu, dia meminta pemerintah harus lebih dulu mengevaluasi dan pemetaan masalah kesehatan yang tepat sebelum program dilaksanakan.

"Kalau seperti itu masyarakat mau melakukan pengobatan secara gratis bagaimana. Jadi pemerintahan JUJUR harus dipikirkan dulu," tandasnya. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...