Tim HRP KesMas PTNHM Evakuasi Warga Tobelo Penderita Stroke Parah ke Manado

Tim Haji Robert Peduli (HRP) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) PTNHM, saat mengevaluasi pasien yang mengalami stroke parah menggunakan halikopter dari RSUD Tobelo ke Manado

Tobelo,malutpost.id - Tim Haji Robert Peduli Kesehatan Masyarakat (HRP Kesmas) PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), Jumat (10/3) akhir pekan lalu mengevakuasi seorang warga Desa Gosowoma, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dari Tobelo ke Manado, untuk mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam Manado, Sulawesi Utara.

Koordinator Tim HRP KesMas PTNHM, Septian Sam menjelaskan, evakuasi tersebut dilakukan oleh Tim HRP KesMas setelah pihak Rumah Sakit Umum Daerah Tobelo yang merawat pasien tersebut menyatakan harus segera dirujuk ke rumah sakit lain untuk mendapatkan perawatan yang intensif, dan Tim HRP KesMas atas arahan Presiden Direktur PTNHM, Haji Robert Nitiyudo Wachjo langsung melakukan evakuasi. Pasien tersebut mengalami stroke yang parah dan ketika ditemui oleh Tim HRP KesMas satu hari sebelumnya dalam keadaan koma.

Helikopter PTNHM diterbangkan dari tambang Gosowong di Kecamatan Malifut, Halut ke Kota Tobelo dan mendarat di lapangan depan Kantor Bupati Halut. Kemudian, pasien dibawa dengan mobil ambulance dari RSUD Tobelo ke lapangan tersebut lalu kemudian diterbangkan ke Manado. Dalam helikopter, pasien didampingi oleh dua orang paramedis dari RSUD Tobelo, dr Simone dari Tim HRP KesMas PTNHM serta keluarga pasien.

Atas arahan Haji Robert, Tim HRP KesMas akan melakukan pendampingan selama pasien dirawat di RS Siloam Manado. Pasien akan dirawat dengan menggunakan pelayanan BPJS, namun biaya-biaya yang diperlukan selain yang ditanggung oleh BPJS, akan ditanggung oleh Tim KesMas. Selain transportasi dengan helicopter tersebut, juga biaya penginapan dan makan minum keluarga pasien selama berada di Manado dan biaya lainnya. (rls/rul)

Komentar

Loading...