BLT DD Woyo, Taliabu Disalurkan hingga ke Pedalaman

Pj Kades Wowo Kifli Panggilan didampingi Bhabinkamtibmas menyerahkan bantuan BLT. 

Bobong, malutpost.id -- Pemerintah Desa Woyo, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu mulai menyalurkan bantuan langusng tunai (BLT) melalui dana desa (DS) tahap I 2023 mulai disalurkan.

Penyaluran ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Woyo, Sabtu (1/4) oleh Pj Kades Woyo Kifli Panggola.

Tahun sebelumnya jumlah penerima BLT DD sebanyak 93 orang. Namun, pada 2023 ini jumlah penerima BLT dipangkas hingga tersisa 30 orang.

Kifli Panggola mengatakan, penerima BLT tahun ini jumlahnya berkurang. Kata dia, saat pandemi Covid-19, penerima BLT ditetapkan 25 persen yaitu 93 orang.

Kaum dhuafa dan disabilitas ikut menikmati BLT yang bersumber dari dana desa.

Angka ini menurun seiring dengan berakhirnya pandemi menjadi 10 persen maksimal 25 persen.

"BLT DD ini bertujuan untuk pemberantasan kemiskinan ekstrem di setiap desa. Untuk Desa Wayo ada penerima itu kaum disabilitas," jelas Kifli.

Mantan Kepsek SD Negeri Kawalo ini menambahkan, penerima BLT di Desa Woyo sebelumnya tidak pernah menyentuh warga pedalaman.

Padahal, masyarakat setempat termasuk kategori miskin ekstrim karena tidak punya pekerjaan, disabilitas, lansia, cacat hingga janda.

Untuk itu, setelah dipercayakan menjabat PJ Kades Woyo, dia bersama aparat langsung turun ke warga pedalaman untuk lakukan pendataan. Dia berharap BLT yang disalurkan ini dimanfaatkan secara baik untuk kehidupan. "Tahap pertama ini satu triwulan, yang besaran BLT-nya Rp300 ribu  per bulan," tutupnya. (tr-02/pn)

Laporan: Sukasno Sangaji

Editor: Ikram Salim 

Komentar

Loading...