BPBD Sebut Lima Desa di Halmahera Barat Terendam Banjir 

Jumlah desa di Halmahera Barat yang terendam banjir menjadi 5 desa, Minggu (2/4/2023).

Jailolo, malutpost.id -- Sedikitnya lima desa di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara terkena bencana banjir, Minggu (2/4/2023).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halmahera Barat, Ade Fabanyo mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Halbar sejak pagi tadi mengakibatkan banjir di lima desa yang ada Kecamatan Ibu.

BPBD mencatat, lima desa yang terkena banjir di antaranya Desa Tongute Ternate 200 rumah  terdiri dari 299 kepala keluarga. Ketinggian air mencapai satu meter.

Desa Tongute Ternate Asal, sebanyak 51 rumah rumah terdiri dari 49 KK. Kemudian, Desa Gamici, 5 rumah dari enam KK yang terendam air.

Desa Gamlamo sebanyak 8 rumah dan Desa Tongute Sungai, 4 rumah. "Ada warga yang mengungsi ke kampung tetangga bersama barang-barang mereka,"kata Ade Fabanyo, Minggu malam.

Namun, saat ini kata dia, pihaknya sudah turun di lapangan dan bersama pemerintah desa untuk mengevakuasi warga dan membersihkan lumpur di rumah warga.

"Ada warga yang mengungsi, tapi sudah kembali di rumahnya masing-masing. Sementara kami melakukan pembersihan," jelasnya.

"Untuk korban jiwa kami masih koordinasi dengan pemerintah desa apakah ada atau tidak nanti saya info," tandas Ade. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim 

Komentar

Loading...