Layanan Terpadu Berbasis Online, Cara Rutan Ternate Menuju WBK

Layanan E-PTSP Rutan Ternate.

Ternate, malutpost.id -- Rutan Kelas IIB Ternate, Maluku Utara, mengembangkan sistem pelayanan terpadu satu pintu berbasis online atau E-PTSP, sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Terobosan ini dikembangkan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Layanan online dapat diakses di situs rutanternate.com. Ada banyak fitur yang memudahkan akses pelayanan Rutan. Seperti, Layanan Keamanan, Layanan Kunjungan, Layanan Pengaduan, Layanan Pemindahan, Layanan Integrasi, dan Layanan Izin Luar Biasa.

Menariknya, pemohon atau masyarakat dapat mengajukan pertanyaan melalui live chat dengan admin melalui fitur yang tersedia di layanan tersebut. Live chat ini berfungsi 1x24 jam.

"Setiap chat akan dibalas admin pada jam kerja, namun di luar jam kerja pun diusahakan dibalas sebab setiap chat langsung masuk ke ponsel admin," ungkap admin utama E-PTSP Daniel V Sirait melalui rilis yang diterima malutpost.id, Minggu (9/4/2023).

"Begitu juga dengan pengurusan permohonan pindah WBK, bisa diproses secara online. Artinya lebih mempercepat proses pelayanan," tambahnya.

Permohonan lain yang dapat diajukan melalui E-PTSP adalah pembebasan bersyarat (PB), cuti menjelang bebas (CMB), cuti bersyarat (CB), asimilasi, cuti mengunjungi keluarga (CMK), permohonan bantuan hukum, serta permohonan izin luar biasa.

E-PTSP juga memberi kemudahan bagi pegawai Rutan Ternate untuk membuat laporan pengawasan kondisi Rutan. Mulai dari laporan apel hingga deteksi dini.

Selain itu, publik juga bisa melaporkan gratifikasi, calo maupun pungli di Rutan melalui E-PTSP ini.

Sistem E-PTSP Rutan Ternate telah berfungsi sejak sebulan lalu. Namun bakal ada grand launching yang dilakukan dalam waktu dekat.

Inovasi ini sangat bagus untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari. Semoga aplikasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kami maupun publik," tandas Kepala Rutan Ternate Yudhi Khairudin. (ikh)

Laporan: Tim

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...