Pansus Temukan Belasan Masalah dalam LKPJ Bupati Halmahera Barat

Sofyan Kasim.

Jailolo, malutpost.id -- Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Halmahera Barat, James Uang 2022 yang dibentuk DPRD Halbar mulai bekerja.

Bahkan dalam sepekan ini, tim pansus mulai telaah hasil kinerja pemerintah yang ditungkan dalam dokumen LKPJ tersebut.

Ketua Pansus LKPJ Sofyan Kasim hasil penelusuran, pihaknya menyimpulkan 19 poin persoalan yang diduga janggal dalam LKPJ yang pernah dibeberkan bupati di hadapan DPRD.

"Ada 19 poin yang tergambar dalam DIM (daftar inventarisir masalah) itu akan kami sisir semua sampai bukti-bukti kami akan minta," ungkap Sofyan kepada malutpost.id, Jumat (13/4/2023).

Karena itu, pansus telah memanggil lima SKPD teknis untuk mengklarifikasi temuan pansus dalam rapat pada, Kamis (13/4/2023). SKPD itu di antaranya BP3D, PUPR, Dishub, Perkim Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan RSUD.

"Kalau BP3D kami bahas soal perencanaan, yang lima SKPD ini terkait pengelola (dana) PEN (pemulihan ekomoni nasional) sebagaimana polemik saat ini, kami panggil supaya kami bisa dapat informasi dari mereka," jelasnya.

Terkait penggunaan dana PEN, kata Sofyan, pansus akan turun langsung ke lapangan untuk memastikan kebenaran fisik dan administrasi.

"Saat ini kita telusuri dari sisi administrasi dulu, yang paling pertama misalnya kita akan tertib administrasi, kita akan tertib beranggaran dan kita akan memberikan warning kepada pemda," pungkasnya.

"Hanya rekomendasi ke bupati saja, karena ini lewat paripurna maka akan terbuka secara umum apa poin-poin rekomendasi kita nanti," kata tandas Sofyan. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...