Pemda Halmahera Barat Segera Tambah Satu Dinas Baru 

Djufri Muhammad.

Jailolo, malutpost.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Barat, Maluku Utara berencana membentuk dinas baru.

Dinas yang mau dibentuk ini yakni Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Disnaker sebelumnya terkena perampingan dan dimasukan ke dalam bagian Sekretariat Pemkab Halbar bergabung dengan Bagian Kesejahtaraan Masyarakat dan Ketenagakerjaan (Kesra dan Tenaga Kerja).

Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad kepada malutpost.id mengatakan, dirinya telah membahas pembentukan Disnaker dengan Bupati James Uang.

"Soal ini saya beberapa waktu lalu sudah diskusikan dengan Pak Bupati dan beliau respon positif," jelas Djufri saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (14/4/2023).

Dalam waktu dekat ini, kata Djufri, akan dikaji regulasinya berupa peraturan daerah oleh Bagian Hukum. Hasil kajian ini kemudian dikonsultasikan dengan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Halbar.

"Nanti kita membuat beberapa skenario dulu. Nah apakah bagian Disnaker itu dikeluarkan di bagian kesra kemudian pembentuk dinas tipe C atau bentuk berupa kantor begitu, karena Naker itu kan beban kerjanya cukup banyak juga," kata Djufri.

Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, pemerintah juga berinisiatif menggunakan peraturan kepala daerah atau perkada, jika proses pembentukan perda memakan waktu lama di DPRD.

"Apabila lambat maka kami pakai skema melalui perkada karena ini juga kan tahun anggaran sudah berjalan. Makanya kalau kita mengunakan perda nanti kan proses cukup panjang juga. Tetapi kita upayakan bahas lagi di internal tim hukumnya kemudian kita ambil kesimpulan mana yang kita gunakan," pungkasnya. (k-01)

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim 

Komentar

Loading...