Alasan Jasri Usman Undur Diri dari Jabatan Wakil Wali Kota Ternate

Muksin Amrin (kanan) saat menyerahkan surat pengunduran diri Jasri Usman kepada Ketua DPRD Muhajirin Bailusy, Jumat (28/4/2023)

Ternate, malutpost.id -- Jasri Usman resmi mengajukan pengunduran dirinya sebagai Wakil Wali Kota Ternate, Jumat (28/4/2023).

Surat pengunduran diri Jasri ditujukan kepada Ketua DPRD Kota Ternate, dan tembusan kepada Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Saya sendiri yang menyerahkan surat pengunduruan beliau kepada Pak Muhajirin tadi,"kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Maluku Utara, Muksin Amrin, Jumat (28/4/2023).

Menurut Muksin, Jasri menanggalkan jabatannya karena akan maju sebagai calon anggota DPR RI, Dapil Maluku Utara pada Pemilu 2024 mendatang.

"Beliau akan maju sebagai calon DPR RI lewat PKB,"ungkapnya.

Mantan Ketua Bawaslu Malut itu, menjelaskan, hal itu berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penguduran Diri Calon Anggota DPRD, DPR RI. Dalam regulasi itu  mengisyaratkan kepala daerah yang maju sebagai anggota wakil rakyat harus mengundurkan diri dari jabatan sebelumnya.

Sebab, salah satu syarat pencalonan sebelum pendaftaran ialah surat permohonan pengunduran diri dan tanda terima dari instansi terkait yakni DPRD.

"Tahapan pendapatan di KPU ini akan berlangsung tanggal 1-14 Mei, karena itu PKB mempersiapkan diri para bakal calon anggota DPR RI di seluruh Indonesia salah satunya di Maluku Utara, untuk tanda terima sudah saya terima dari DPRD tadi,"kata Muksin.

Selanjutnya, lanjut Muksin, proses pengunduran diri selanjutnya menjadi kewenangan DPRD. DPW PKB, tinggal menunggu hasil keputusan Kemendagri terkait pemberhentian Jasri Usman dari jabatan wawali.

"Tetapi Pak Jasri masih tetap melaksanakan tugasnya sebagai wakil wali kota sampai ada keputusan resmi soal pemberhentian dari Kemendagri,"pungkasnya. (ikh)

Laporan; Tim

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...