Diduga Menipu, Pegawai Dishub Maluku Utara Dipolisikan 

Ketiga hak waris atas tanah saat konferensi pers bersama kuasa hukumnya, Kamis (4/5/2023)

Ternate, malutpost.id -- Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, berinsial Rizal dilaporkan ke Polres Ternate atas dugaan pemalsuan dokumen tanah dan bangunan, Kamis (4/5/2023).

Ia dilaporkan oleh tiga kakak beradik, Karim Hi Abdurahman, Juhria Jamrud dan Rusiah Abdurahman karena diduga memalsukan dokumen tanah, keterangan palsu dalam akta autintik serta penipuan atas lahan dan bangunan seluas 15x17 meter persegi yang terletak di Kelurahan Soa, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.

Lahan tersebut milik ketiga orang tua pelapor, Almarhum Hi. Abdurahman Hi. Ibrahim alias Hi. Abdurahman Djamrud.

"Dasar laporan tersebut karena klien kami adalah ahli waris dari bapak Abdurrahman Jamrud atau Hi Abdurahman Hi Ibrahim yang mana tanah milik orang tua klien kami," kata Syarif Aman, kuasa hukum pelapor kepada wartawan, Kamis (4/5/2023).

"Tanah dan bangunan milik orang tua mereka telah dialihkan atau dibalik nama oleh terlapor atas nama Rizal yang juga keponakan klien kami," jelas Dia.

Syarif menyebut, prosesnya terjadi sekitar tahun 2008, dimana terlapor meminta Abdurrahman Hi Ibrahim untuk melakukan proses penerbitan sertifikat dan balik nama. Padahal, Abdurrahman sendiri tidak ada kepentingan yang mendesak untuk penerbitan sertifikat.

"Namun ada indikasi dipaksa oleh saudara R untuk dilakukan sertifikat yang dijanjikan untuk atas nama almarhum," ujar Syarif yang didampingi rekannya Hamid Rahakbau.

Lanjutnya sertifikat tersebut baru diketahui telah dibalik nama pada tahun 2022 lalu, atas nama terlapor R. Atas dasar itulah oknum ASN Dishub Provinsi Malut itu dilaporkan ke Mapolres Ternate.

"Dengan dugaan melanggar pasal, 391, 392, 394 Jo. Pasal 378 dan 372 KUHPidana, olehnya itu, kami berharap kepada Kapolres Kota Ternate agar dapat ditindaklanjuti," pungkasnya. (mg-12)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...