Ini Penyebab Pendaftaran Caleg di KPU Maluku Utara Sepi 

Buchari Mahmud.

Ternate, malutpost.id -- Semenjak dibuka pada 1 Mei lalu, hingga hari keenam ini, belum ada partai politik (Parpol) yang mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD provinsi ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara (Malut).

Bahkan, pimpinan 18 parpol peserta pemilu ini di provinsi ada konfirmasi untuk mengajukan pendaftaran bacaleg ke KPU.

"Karena dalam mendaftarkan bacaleg ke KPU, dianjurkan setiap parpol untuk menyampaikan pemberitahuan ke KPU satu hari sebelumnya, agar KPU mengatur waktunya dengan baik dan tidak tabrakan dengan partai lain,"kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Malut, H. Buchari Mahmud kepada malutpost.id, Sabtu (6)5)2023).

Menurut Buchari, ada beberapa hal penyebab molornya pendaftaran seperti, parpol masih disibukkan dengan pengurusan berkas adiministrasi persyaratan bacaleg yang diterbitkan oleh pengadilan negeri maupun kepolisian.

"Apalagi bacaleg yang ada di kabupaten yang tidak mempunyai fasilitas memadai. Jadi harus cari rumah sakit yang punya fasilitas itu," jelasnya.

Masalah lainya, sambung Buchari, parpol juga masih harus mengunggah data persyaratan puluhan bacaleg ke silon KPU.

Jika salah satu parpol memenuhi seluruh kuota di masing-masing dapil, maka mereka harus mengunggah 45 dokumen persyaratan bacaleg.

Baca halaman selanjutnya..

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...