Tahun Politik; Ribuan Warga Jalani Pemeriksaan Kesehatan Jiwa

Peserta mengisi formulir pendaftaran untuk pemeriksaan kesehatan jiwa di RSJ Sofifi.

Sofifi, malutpost.id -- Tren pemeriksaan kesehatan jiwa di Maluku Utara meningkat tajam.

Pada 4 bulan terakhir di tahun ini, lebih dari 2 ribu orang memeriksakan kesehatan jiwanya di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi, Maluku Utara.

Sementara pelayanan gangguan dan penyakit masalah kesehatan jiwa dalam 3 tahun terakhir mencapai 12.834 kunjungan.

Sebagai rumah sakit khusus yang berurusan dengan kejiwaan, RSJ Sofifi juga telah siap melaksanakan amanat UU 18 Tahun 2014, serta aturan turunannya tentang Pedoman Pemeriksaan Kesehatan Jiwa untuk Kepentingan Pekerjaan atau Jabatan Tertentu dan pemeriksaan untuk kepentingan hukum.

“Terkait dengan momen politik pemilihan umum, kami telah menyiapkan tim pelaksana pemeriksaan kesehatan jiwa sesuai aturan perundangan-undangan” jelas Direktur RSJ Sofifi dr. Yazzit Mahri, M.Kes, SpKJ kepada Malut Post, Jumat (5/5).

”RSJ Sofifi sendiri telah diperiksa kesiapannya oleh Komisi IV DPRD Provinsi Malut terkait pelaksanaan pemeriksaan kesehatan jiwa bagi para caleg,” tandasnya.

RSJ Sofifi sendiri telah memberitahukan secara resmi kesiapan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan jiwa bagi para caleg kepada KPUD Provinsi Malut.

Bahkan, bukan hanya dari Provinsi Maluku Utara, rumah sakit khusus itu juga dipercayakan sejumlah partai politik dari Kabupaten di provinsi lain luntuk melakukan pemeriksaan kesehatan jiwa.

Untuk caleg di Kabupaten-kabupaten lainnya yang mengalami hambatan topografi pemeriksaannya dilakukan secara online.

Baca halaman selanjutnya..

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...