Universitas Terbuka Kota Ternate Gelar Klinik Ujian Akhir Semester

Kegiatan klinik ujian akhir semester, Universitas Terbuka Kota Ternate. (Foto: Narto/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT), Kota Ternate, Maluku Utara menyelenggarakan klinik ujian akhir semester pada, Sabtu (13/5/2023).

Kegiatan tersebut untuk mendukung kesuksesan mahasiswa dan memberikan pemahaman serta pengetahuan sekaligus kesiapan mengkuti pelaksanaan ujian akhir semester.

Direktur UPBJJ UT Ternate, Effendi Mantang, menyebutkan, klinik ujian itu berupa informasi baik secara psikologis maupun fisik kepada mahasiswa.

"Mahasiswa diarahkan agar fokus, punya motivasi tinggi, kemudian menghindari hal-hal yang bisa membuat cemas menghadapi ujian," jelas Effendi.

UT kata Effendi, telah menyelenggarakan satu layanan lagi sebagai pendukung kesuksesan belajar mahasiswa.

Kemudian untuk fisik, kata dia, yakni memberitahukan kepada mahasiswa tentang bentuk-bentuk soal ujian akhir semester secara tatap muka dan daring.

"Agar mereka memahami seperti apa model ujian yang diterima pada bulan enam nanti," jelas Effendi.

"Jadi luring dan daring ini dikombinasikan maka mahasiswa semua wajib mengikuti. Sistem ujian ini berbeda dengan perguruan tinggi lain," tambahnya.

Dia menyebut, klinik kali ini diikuti oleh mahasiswa UT dari Kota Ternate, Tidore, dan Jailolo. Kemudian menyusul pekan depan dari Kabupaten Halut, Halsel, Haltim, Sula, dan Halmahera Tengah akan melangsungkan kegiatan tersebut.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Jati Hotel, Kecamatan Ternate Tengah, itu sebanyak 100 orang. Sedangkan total mahasiswa di Kabupaten/Kota lain yang mengikuti ujian nanti kurang lebih 500 orang.

"Diharapkan hasil yang maksimal dan nilai yang memuaskan. Dan tau cara-cara mengerjakan soal serta berkurangnya rasa cemas," pungkas dia. (mg-12/adv)

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Komentar

Loading...