Terima Delegasi Malawi, Sekjen Taufik Pamerkan SDGs Desa Sebagai Kompas Pembangunan Desa

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid saat menerima delegasi dari Malawi.

Jakarta, malutpost.id -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid menjelaskan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa harus berdasarkan data dan fakta lapangan agar pembangunan tepat sasaran dan berkelanjutan.

Data mikro berbasis SDGs Desa dapat dijadikan landasan serta instrumen penting untuk menentukan arah kebijakan pembangunan desa.

Dengan data desa yang valid, lengkap serta selalu update, pemerintah desa dapat melihat lebih detail permasalahan dan potensi desa. Sehingga pembangunan desa selalu berdasarkan kebutuhan, bukan sekadar keinginan para elit desa.

"Kami mendorong, supaya desa-desa itu punya data (mikro) yang lengkap. Nah data lengkap ini kami namakan sebagai Sustainable Development Goals Desa, atau data SDGs Desa," kata pria yang akrab disapa Sekjen Taufik dalam paparannya saat menerima kunjungan Delegasi Pemerintah Malawi, di Operational Room, pada Senin (8/5/2023).

Taufik menjelaskan, SDGs Desa merupakan turunan dari tujuan pembangunan yang termaktub dalam SDGs Global kemudian dilokalkan hingga level desa dengan menambahkan tujuan ke -18 yaitu kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Data desa berbasis SDGs Desa merupakan data rinci berupa satu nama satu alamat warga dan keluarga, data wilayah terkecil level RT dan data pembangunan desa.

Baca halalaman selanjutnya..

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...