Jamin Kesehatan Jemaah Haji Indonesia, Kemenkes Bentuk EMT, Apa Itu? 

Petugas Emergency Medical Team (EMT) untuk penanganan kegawatdaruratan medis pada penyelenggaraan haji 1444 H / 2023 M. (istimewa)

Jakarta, malutpost.id -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siapkan Emergency Medical Team (EMT) untuk penanganan kegawatdaruratan medis pada penyelenggaraan haji 1444 H / 2023 M.

EMT bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian (mortalitas) jemaah haji Indonesia di Arab Saudi. EMT dahulu dikenal dengan nama Tim Gerak Cepat.

Tim itu difungsikan untuk lebih dekat dengan jemaah haji dan bertugas melaksanakan deteksi dini, tanggap darurat pada kejadian kegawatdaruratan medis.Serta melaksanakan rujukan jemaah haji yang membutuhkan perawatan di Kantor Kesehatan HAji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo mengatakan pihaknya menyiapkan beberapa strategi. “Salah satu strategi penyelenggaraan kesehatan haji tahun ini, kami siapkan dokter spesialis sebagai EMT yang ditempatkan di setiap sektor sehingga kegawatdaruratan medis lebih cepat tertangani,” ujar Liliek dalam keterangannya, Jumat 19 Mei 2023.

Dalam EMT telah disiapkan 15 orang dokter spesialis yang terdiri dari bidang anestesi, penyakit dalam, bedah, saraf dan jantung.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...