Hotel Jemaah Calon Haji Malut Berada di Almarkazyiah, Amar Manaf: Jemaah Cukup Jalan Kaki ke Masjid Nabawi

Hotel Jemaah Calon Haji Maluku Utara di Almarkazyiah, Madinah. (Foto: Panitia Haji Malut)

Ternate, malutpost.id -- Kepala Kemenag Maluku Utara, Amar Manaf, menyebut hotel Jemaah Calon Haji (JCH) Malut sangat dekat dengan Masjid Nabawi.

Amar menjelaskan, semua hotel jemaah Maluku Utara berada di Almarkazyiah, sebuah Kawasan yang jaraknya dengan mesjid Nabawi 400 meter. "Almarkazyiah itu wilayah yang jaraknya 400 meter saja dari masjid Nabawi," kata Amar, kepada malutpost.id, Kamis (1/6/2023).

Untuk itu, dia mengatakan, perjalanan jemaah tidak lagi menggunakan bus dan memakan waktu lama. "Semua hotel di Madinah dekat dengan mesjid Nabawi, jadi layanannya tidak ada layanan bus. Karena cukup jalan kaki," pungkasnya.

Sebelumnya, Jemaah calon haji (JCH) Maluku Utara yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 10 sudah tiba di Madinah, Arab Saudi, pada (31/5/2023) pukul 7 pagi waktu Madinah.

Ia mengatakan, sebanyak 388 JCH Malut tiba di Madinah dengan kondisi selamat. "Kloter 10 kemarin malam sudah diterbangkan ke Madinah pukul setengah 12 dari Makassar, tiba di Madinah jam 7 pagi waktu Madinah," kata Amar di Makassar, melalui telepon, Kamis (1/6/2023).

Lanjut Amar, setelah tiba di Madinah seluruh jemaah diinapkan di hotel Emar Attaiybah. Selanjutnya kata Amar, jemaah langsung melaksanakan shalat Arbain waktu dhuhur.

"Sudah menempati hotel Emar Attaiybah di Madinah dan kemarin sudah memulai arbain waktu dhuhur. Itu berarti delapan hari kemudian berakhir waktu dhuhur selesai di Madinah dan bergeser menuju Mekkah," jelas Amar.

Sementara panitia Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Malut, Syarif Ibrahim, dari Madinah menambahkan, Kloter 10 itu terdiri dari Kabupaten Kepulauan Sula, Tidore, Halbar dan Halut. "Kloter 13 insya Allah besok baru tiba tanggal 2 di Madinah," tuturnya melalui pesan whatsapp.(mg-12)

Komentar

Loading...