Bawaslu Kepulauan Sula Minta Pemda Segera Bahas Anggaran Pilkada

Iwan Duwila

Sanana, malutpost.id -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara meminta kepada Pemerintah Daerah Kepulauan Sula agar segera membahas anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang telah diusulkan.

Ketua Bawaslu Kepulauan Sula, Iwan Duwila mengatakan, pihaknya telah mengusulkan anggaran Pilkada pada 2022 lalu sebesar Rp13,2 miliar. Namun sampai saat ini belum ada respon dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kepulauan Sula untuk memanggil Bawaslu membahas anggaran yang telah diusulkan.

Menurutnya, TAPD Kepulauan Sula sudah seharusnya menanggil Bawaslu Kepulauan Sula untuk bersama-sama merasionalisasi anggaran tersebut, sehingga Bawaslu bisa mengetahui sejauh mana kesiapan Pemda terkait dengan persiapan anggaran Pilkada 2024 mendatang. "Seharusnya TAPD Kepulauan Sula dan Bawaslu Kepulauan Sula sudah harus duduk bersama bahas anggaran Pilkada yang kami usulkan, supaya kalau memang anggaran yang kami usulkan itu Pemda merasa kecil, nanti Bawaslu tambah, tapi kalau nilai itu Pemda merasa berat, maka kami akan lihat item-item mana yang akan dilepas sehingga tidak berpengaruh pada tahapan Pilkada nanti. Tapi sampai saat ini kami belum juga dipanggil untuk rapat bersama," kata Iwan, Rabu (7/6/2023)

Iwan menjelaskan, anggaran Pilkada sudah harus disiapkan Pemda Kepulauan Sula, sebab ada tahapan-hapan Pilkada yang harus Bawaslu Kepulauan Sula laksanakan. "Bagaimana tahapan-tahapan Pilkada kami mau laksanakan jika anggarannya saja sampai saat ini kami belum tahu yang Pemda siapkan berapa. Tapi kalau dirincian anggaran yang kami usulkan itu sudah menjelaskan terkait dengan tahapan itu, kenapa sampai harus diusulkan Rp13,2 miliar, karena itu sudah ada programmya," pungkasnya.(mg-01)

Laporan: Hamdi Embisa

Komentar

Loading...