Terkait KMP Mutiara Pertiwi I Tabrak Dermaga Feri Bastiong, Polisi Jadwalkan Panggil Saksi Ahli

Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Maluku Utara, AKBP Aditya Kurniawan

Ternate, malutpost.id  -- Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda Maluku Utara menjadwalkan pemeriksaan saksi ahli terkait kasus KMP Mutiara Pertiwi I yang menabrak Dermaga I Pelabuhan Feri Bastiong Ternate beberapa waktu lalu. Direktur Polairud Kombes Pol Mugi SekarJaya melalui Kasubdit Gakum Ditpolairud, AKBP Aditya Kurniawan mengatakan, saksi ahli itu berasal KPLP pusat."Jadi, kemarin sudah kita buat surat untuk KPLP Pusat, tinggal penunjukannya," kata Aditya Rabu (7/6/2023).

Untuk sementara kasus ini kata Aditya, masih dalam tahap penyelidikan, belum kepenyidikan. Sebab masalah insiden ini kita penyelidikan harus lebih komplet. Olehnya itu kami telah melakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi yang berkompeten terkait peristiwa tersebut. "Kurang lebih sejauh ini ada 12 saksi yang telah kita panggil dan diperiksa, termasuk manager kapal," akunya.

Aditya menyatakan untuk pemeriksaan terhadap pemilik kapal belum dilakukan. Pihaknya masih fokus untuk mendapatkan keterangan dari ahli terlebih dahulu sebelum bergerak ke pihak-pihak terkait lainnya. "Karena seluk beluk pelayaran maupun kapal semua harus diberikan kepada ahlinya," terangnya.

Disentil soal dugaan sementara penyebab insiden tersebut, pria berpangkat 2 melati di Pundak ini berujar, berdasarkan keterangan dari kapten, dia mengaku pada saat mau bersandar ke dermaga I ada gangguan di bagian kompresor. Akibatnya baling-baling kapal tak bisa dikendalikan.

"Jadi keterangan sementara begitu, cuma ini yang bisa menjelaskan mesin dan sebagainya kan nanti kita panggil dari ahli," pungkas Aditya mengakhiri.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...