Lima Minggu, Ribuan Kendaraan Ditilang Setelah Penerapan Kembali Tilang Manual, Roda Dua Mendominasi

Kompol Hendra Gunawan

Ternate, malutpost.id -- Direktorat Lalulintas Polda Maluku Utara dalam lima minggu berhasil menilang ribuan kendaraan di 10 Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Direktur Ditlantas Polda Malut, Kombes Pol Imam Pribadi Santoso melalui Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Malut, Kompol Hendra Gunawan mengatakan, setelah diberlakukan kembali tilang manual pada Mei 2023 kemarin, Satlantas Polda Malut, menilang 1.858 kendaraan yang terhitung dari tilang minggu pertama bulan Mei samapi dengan Juni minggu pertama.

"Minggu pertama sampai minggu ke empat bulan Mei, 1.449 kendaraan ditilang. Sementara minggu pertama Juni ada  409 kendaraan," kata Hendra, Jumat (9/6/2023).

Dari ribuan kendaraan yang ditilang lanjut Hendra, didominasi oleh kendaraan roda dua yang sasarannya adalah, tidak menggunakan helem, kenalpot racing sampai pada anak di bawah umur. "Didominasi kendaraan roda dua, terutama para pengendara tidak melengkapi surat-surat kendaraannya," ungkapnya.

Perwira dengan satu bunga melati di pundaknya itu mengatakan, anggota yang melakukan tilang tetap dalam pantauan, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan dalam penerapan tilang, tidak dikenakan membayar denda melainkan diminta untuk mengikuti sidang.

"Tidak akan ada lagi titip denda tilang, tapi semuanya dilimpahkan ke pengadilan," pungkasnya. (wm-02/)

Komentar

Loading...