AJI Ternate Kolaborasi Google News Initiative Gelar Training Mis-Disinformasi Pemilu

Inggried, jurnalis Kompas.com saat memberikan materi kepada peserta trainer yang diselenggarakan AJI Ternate selama dua hari, 10-11, Juni 2023. (Foto: Hizbullah/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id -- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Ternate berkolaborasi dengan Google News Initiative pada Sabtu-Minggu, 10-11 Juni 2023, melaksanakan training Mis-Disinformasi di Safirna Transito Hotel, Kota Ternate.

Pelatihan ini menghadirkan dua pembicara atau trainer, yakni Zainuddin Muda, akademisi Ilmu Komunikasi UGM, dan Inggried Dwi Wedhaswary, jurnalis Kompas.com. Selain itu, ada 25 peserta dari berbagai media massa yang ikut dalam pelatihan tersebut.

Zainuddin Muda dalam kesempatan itu mengatakan, manipulasi informasi masih selalu menjadi masalah dalam setiap momentum politik. Sehingga itu, jurnalis dituntut untuk benar-benar ketat dalam melakukan verifikasi terhadap setiap informasi.

“Media sosial boleh jadi sumber pemberitaan, tapi tetap verifikasi,” ucap Zainuddin.

Ia menjelaskan, literasi politik atau literasi pemilu sangat penting dan itu juga bagian dari tugas jurnalis, yakni menghadirkan berita yang dapat dipertanggungjawabkan dengan verifikasi yang luas.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2 3 4

Komentar

Loading...