Polres Halmahera Barat Launching Polisi RW, Ini Tujuannya

Kapolres Halbar, AKBP AKBP Indra Andiarta S.I.K.,M.H memasang pita saat melaunching Polisi RW. (Foto: Humas Polres Halbar)

Jailolo, malutpost.id -- Polres Halmahera Barat, Maluku Utara resmi memiliki Polisi RW yang ditandai dengan upacara pada, Kamis (15/06/2023).

Terdapat 87 personil yang ada dalam program tersebut, mereka akan diterjunkan di tengah-tengah masyarakat untuk melayani setiap RW di desa.

Kapolres Halmahera Barat, AKBP Indra Andiarta S.I.K.,M.H menuturtkan, Polisi RW ini menjadi solusi untuk untuk memecahkan masalah (problem solving) di tengah masyarakat serta mendukung dan menciptakan kebijakan yang dekat dengan masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan.

Dalam program ini, seluruh anggota Polri dari semua fungsi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW dengan menampung keluhan warga dan melakukan penyelesaian masalah.

"Polres RW ini merupakan program prioritas Polri yang menugaskan anggota di tingkat RW di desa atau kelurahan, guna mendeteksi permasalahan sejak dini dan menjadi problem Solving di tengah tengah Masyarakat," kata Kapolres.

"Pembentukan polisi RW ini dilatarbelakangi antara lain polisi berjarak dengan masyarakat, perspektif negatif masyarakat terhadap Polri dalam penegakan hukum, mengoptimalkan interaksi langsung polisi dengan masyarakat pada tingkat RW, mengedepankan tindakan prefentif secara bottom up, meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat," tambah Kapolres.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...