Kapal Tenggelam di Laut Ternate, Nahkoda dan Koki Dilaporkan Hilang

Ilustrasi kapal tenggelam Insan Faizin Mubarak/Antara

Ternate, malutpost.id -- Sebuah kapal Landing Craf Tank atau LCT Bahana Putra dilaporkan tenggelam di laut Pulau Mayau, Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, Senin (19/6/2023).

Insinden kecelakaan kapal itu dilaporkan oleh Basarnas Manado kepada Basarnas Ternate, bahwa sebuah kapal landing dengan 10 orang awak kapal tenggelam pada, Sabtu (17/6/2023) pukul 14.00 WIT.

"Sudah ada 8 orang ABK telah dievakuasi oleh KM Bitu menuju Pulau Doi Halmahera Utara dan 2 orang belum ditemukan termasuk nahkoda kapal," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman kepada malutpost.id, Senin tadi.

Menurut Fathur, Basarnas Ternate telah menghubungi pihak perusahaan kapal dan menerima informasi bahwa 8 orang korban selamat telah di jemput oleh kapal Lionel Makmur 88 di Pulau Doi, Halmahera utara. Sedangkan dua awak kapal atas nama Buchari Sahafin selaku nahkoda dan Yokzafil Novsan, juru masak belum ditemukan.  Kapal tersebut berlayar dari Manokwari menuju Bitung, Sulawesi Utara.

Fathur berujar,  Tim Rescue Basarnas Ternate dipersiapkan bergerak menuju lokasi untuk melakukan pencarian terhadap dua korban hilang  menggunakan kapal KN SAR 237 Pandudewanata.

"Kondisi cuaca sedang memburuk jadi operasi SAR harus menunggu cuaca membaik dan segera menuju lokasi,"jelasnya. (ikh)

Komentar

Loading...