Tahap Satu Kasus Illegal Fishing Segera Diserahkan Pekan Depan

Kombes Pol Mugi Sekar Jaya.

Ternate, malutpost.id -- Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud), Polda Maluku Utara, pekan depan segera menyerahkan berkas tahap saru kasus illegal fishing ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara.

"Berkasnya sudah rampung oleh penyidik, jadi kita tinggal menunggu saksi ahli langsung tahap I ke Kejati," ungkap Ditpolairud Kombes Pol. Mugi Sekar Jaya kepada malutpost.id, Kamis (6/7/2023).

Saksi ahli yang akan dimintai keterangan kata Mugi, yakni dari anggota Brimob dan pihak perikanan yang bersiap memberi keterangan Jumat besok.

"Dua orang sudah ditetapkan tersangka, jadi kalau sudah dimintai keterangan saksi ahli berarti langsung tahap I," tandas Mugi.

Sekedar diketahui, pelaku illegal fishing yang ditetapkan tersangka berinansial SJR alias Suhti (34) dan SM alias Subur (39) warga Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan.

Mereka ditangkap pada 19 Juni 2023 lalu saat menangkap ikan menggunakan bahan peledak di Tanjung Topa, Bacan Barat, Halmahera Selatan.

Para pelaku yang dijerat dengan pasal 1 ayat (1) dan (3) UU Nomor 12 Tahun 1951 tentang Darurat dan pasal 84 ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan junto pasal 53 ayat (1) KUHPidana. (wm-02).

Komentar

Loading...