Lulus Seleksi Paskibraka Nasional, Nama Nanda Maulidya Tiba-tiba Diganti Panitia Maluku Utara

Nanda Maulidya Paskibraka asal Kota Ternate tiba-tiba dibatalkan menjadi perwakilan Maluku Utara tingkat nasional.

Ternate, malutpost.id -- Nanda Maulidya, calon Paskibraka nasional asal Maluku Utara yang dinyatakan lulus seleksi sebagai anggota pengibar bendera Merah Putih di Istana Negara pada HUT RI, tiba-tiba dibatalkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Maluku Utara.

Alasan pembatalannya karena tidak memenuhi standar saat pemeriksaan medical chekp up (MCU). Akibatnya, siswi asal SMA Negeri 8 Kota Ternate itu batal diberangkatkan ke Jakarta pada, Sabtu (15/7/2023) dan diganti dengan orang lain.

Kuasa hukum keluarga Nanda Maulidya, Bahtiar Husti saat konferensi pers mempertanyakan dasar pembatalan Nanda Maulidya mewakili Malut sebagai Paskibraka nasional. Sebab, menurut Bahtiar, hasil MCU sudah ada dua hari sebelumnya.

"Bahkan hasil seleksi Nanda ini nilainya tinggi termasuk tes CAT (computer asisstet test),"kata Bahtiar.

Bahtiar bilang, kelulusan Nanda menjadi Paskibraka nasional juga sudah diputuskan dalam SK panitia seleksi.

"Jadi tidak ada alasan lagi (untuk dibatalkan),"tegas Bahtiar.

Sementara Nanda Maulidya tak kuasa menahan tangis saat berbicara di hadapan media. Dia mengaku sangat kecewa dan terpukul dengan keputusan dari BPIP yang membatalkannya sebagai Paskibraka yang terpilih ke tingkat nasional.

"Saya sangat kecewa, karena sudah berusaha sampai di posisi ini, sangat kecewa diganti, karena saya sudah diumumkan dan dinyatakan lulus ke tingkat nasional,"kata Nanda.

Ia berharap masih diakomodir dan tetap diberangkatkan mewakili Maluku Utara mengibarkan bendera Merah Putih di Istana Negara pada 17 Agustus nanti.

"Ada dua pasang yang dikirim ke Jakarta dan saya berharap masih tetap diakomodir karena sudah mengikuti seleksi sesuai tahapan,"tandasnya. (wm-02/mg-12)

Laporan: Ridwan/Sunarto

Komentar

Loading...