Kunjungi Malut Post, Sekjen Taufik Paparkan Efektivitas Dana Desa untuk Kesejahteraan Warga Desa

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufik Madjid mengunjungi Kantor Berita Malut Pos di Ternate, tadi malam. (Mugi/KemendesPDTT)

Ternate, malutpost.id -- Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid menilai dana desa sangat efektif dalam pembangunan desa.

Hal ini terbukti dari pesatnya kondisi desa yang sangat tertinggal maupun tertinggal berhasil berkurang dan jumlah desa berkembang, maju, serta mandiri semakin bertambah.

Namun demikian, Taufik Madjid menilai efektivitas tersebut harus terus ditambah. Salah satu caranya adalah melalui pengawasan yang semakin ketat baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

"Tata kelola, manajemen, dan pengawasan ini sangat penting biar dana desa yang selama ini terus diberikan kepada desa makin efektif," paparnya saat mengunjungi Dapur Redaksi Malut Post, tadi malam.

Seperti diketahui, dana desa telah bergulir sejak awal masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan terus berjalan hingga saat ini. Tujuannya adalah untuk membangun perekonomian di tingkat desa serta mengurangi kesenjangan dan kemiskinan desa sebagaimana diatur dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Kendati demikian, kemiskinan di desa belum berhasil dientaskan hingga 0 persen. Salah satunya terjadi di Maluku Utara yang angka kemiskinannya bahkan meningkat hingga 83,80 ribu orang per Maret 2023. Angka ini naik 1,66 ribu orang dibandingkan kemiskinan pada September 2022 di provinsi setempat.

Hal tersebut merupakan salah satu keresahan Taufik Madjid sehingga peningkatan pengawasan dana desa menjadi satu hal penting yang harus dilakukan. Tentu saja langkah ini melibatkan pemerintah pusat hingga masyarakat yang merupakan subjek dalam pembangunan Indonesia melalui pinggiran alias desa.

"Kita, Kemendes itu selalu membuat MoU dengan Mabes Polri untuk pengawasan dana desa ini. Di level top manajemen oke tapi kalau di bawah tidak jalan kan sulit juga. Makanya butuh pengawasan yang kuat berkepentingan untuk mengefektifkan pemanfaatan dana desa ini," paparnya.

"Semua pihak harus terlibat termasuk ya polisi. Keterlibatan polisi termasuk sangat penting. Pengawasan ke bawah ini perlu sekali," tutup Taufik Madjid. (hkd/yun)

Komentar

Loading...