Sidak Desa Kumo, Taufik Madjid Lihat dari Dekat Manfaat Penggunaan Dana Desa

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufik Madjid bersama Kapusdatin Yusra, Staf Ahli Menteri PDTT Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Ansar Husein melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Kumo Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara

Tobelo, malutpost.id -- Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Kumo Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara.
Dalam inspeksi tersebut, putra Maluku Utara ini mengatakan, dana desa merupakan salah satu kebijakan Presiden Joko Widodo yang memberikan banyak manfaat untuk desa di seluruh Indonesia.

"Kita tinjau secara langsung penggunaan dana desa di Desa Kumo Halmahera Utara," ujar Taufik Madjid.

"Kita senang kita bangga melihat desa Kumo ada peningkatan kehidupan masyarakat dengan dana desa yang dikucurkan pemerintah. Kita senang, bangga punya Presiden Jokowi yang memperhatikan desa. Dari desa kita bangun Indonesia," imbuhnya.

Dalam sidak yang dilakukan, Taufik Madjid melihat secara rinci penggunaan dana desa serta kondisi masyarakat setempat. Ia bahkan mendengar langsung keluh kesah warga dan menemukan beberapa masalah yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah.

Di antaranya adalah tidak adanya akses listrik sehingga warga memanfaatkan tenaga genset untuk penerangan sehari-hari yang bersumber dari dana pribadi. Selain itu kurangnya air bersih di Desa Kumo karena belum adanya pompa dan listrik juga menjadi masalah utama desa tersebut.

Taufik Madjid memastikan akan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara untuk menindaklanjuti masalah ini. Sebab setiap warga sudah seharusnya merasakan kemudahan hidup melalui listrik dan berhak atas air bersih untuk menunjang kesehatan yang semakin baik.

"Air dan listrik ini sumber kehidupan yang sangat dasar. Saya akan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara. Kita dukung pemerintah cari jalan terbaik," tegasnya.

Sekadar informasi, Desa Kumo adalah salah satu desa transparan meskipun belum seluruh kebutuhan warganya terpenuhi. Hal ini dapat diketahui dari infografis yang terpampang secara jelas di depan Kantor Desa Kumo berikut dengan rincian anggaran pendapatan dan belanja desa, salah satunya bersumber dari dana desa.

Diketahui total pendapatan Desa Kumo tahun 2023 adalah 1.018.954.000 yang 70,4 persen dari dana desa sebesar Rp717.413.000. Sementara 29,6 persen atau Rp301.541.000 bersumber dari alokasi dana desa.

Sementara itu, sidak penggunaan dana desa Sekjen Taufik Madjid ke Desa Kumo didampingi Staf Ahli Mendes PDTT Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Ansar Husen dan Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Yusra. Hadir pula pendamping lokal desa, pegiat desa, serta kepala desa setempat. (hkd/yun)

Komentar

Loading...