Temui Bupati Halut, Sekjen Taufik Madjid Bahas soal Listrik, Internet dan Akses Air Bersih

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Taufik Madjid bersama Sekda Halmahera Utara Erasmus Joseph Papilaya, Staf Ahli Menteri PDTT Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Ansar Husein, Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Abdul Malik Silia bertemu Bupati Halmahera Utara Frans Manery sebagai tindak lanjut terkait masalah di Desa Kumo. (Mugi/KemendesPDTT)

Tobelo, malutpost.id -- Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid bertemu Bupati Halmahera Utara Frans Manery sebagai tindak lanjut terkait masalah di Desa Kumo. Keduanya membahas masalah listrik dan akses air bersih yang belum didapatkan warga Desa Kumo.

Dalam pembahasannya, diketahui bahwa internet juga termasuk masalah yang ada di Halmahera Utara. Selanjutnya, masalah ini akan dikomunikasikan dengan K/L terkait, salah satunya Kementerian Komunikasi dan Informasi.

"Nanti kita akan komunikasikan juga dengan Bapak Budi Arie Menkominfo. Dulu beliau Wamendes sehingga sangat memperhatikan masalah-masalah seperti ini apalagi tempatnya di desa," ujar Taufik Madjid di Kantor Bupati Halmahera Utara.

Dijelaskan Bupati Frans Manery, akses internet di Halmahera Utara belum merata. Sedikitnya ada 20 persen wilayah kabupaten setempat yang sampai saat ini belum memperoleh akses internet dan masih dalam proses pendataan.

"Internet masih ada 20 persen yang belum di sini," jelas Frans.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen Taufik Madjid melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Desa Kumo Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara. Ia melihat pemanfaatan dana desa setempat serta mendengar beberapa masalah yang dikeluhkan warga maupun kepala desa tersebut.

Berdasarkan informasi warga, akses listrik belum masuk ke Desa Muko. Oleh karena itu penerangan dilakukan dengan memanfaatkan genset pribadi. Masalah ini dinilai serius oleh Taufik Madjid karena baik listrik maupun air bersih merupakan kebutuhan dasar warga.

"Kita semua akan mencari jalan sama-sama," kata Taufik Madjid.

Dalam sidak tersebut, Sekjen Taufik Madjid didampingi Staf Ahli Mendes PDTT Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Ansar Husen dan Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Yusra. Hadir pula pendamping lokal desa, pegiat desa, serta kepala desa setempat. (hkd/yun)

Komentar

Loading...