Polisi Diminta Tindak Tegas Kapal Membawa Miras ke Ternate 

Bahtiar Husni.

Ternate, malutpost.id -- Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Maluku Utara, M. Bahtiar Husni, meminta pihak Kepolisian Sektor (Polsek) KP3 Ahmad Yani Ternate, memberikan sanksi berat kepada awak kapal yang kedapatan mengangkut minuman keras ke Ternate.

Menurut Bahtiar, polisi berkali-kali menemukan miras di atas kapal tanpa pemilik yang harusnya diketahui oleh awak kapal.

"Kita sering lihat dalam pemberitaan, miras dipasok dari Manado itu cukup banyak karena mencapai ratusan liter. Dan itu setiap diamankan polisi selalu tidak ada pemiliknya," ungkap Direktur YLBH, Selasa (1/8/2023).

Pengacara senior tersebut meminta polisi lebih tegas dengan memberikan sanksi hukum kepada setiap ABK ataupun kapten kapal yang diduga sengaja membawa miras ke Ternate.

"Sangat tidak mungkin kalau miras dititipkan dari Manado ke Ternate, anak buah kapal tidak tahu," tegas Bahtiar.

"Supaya ada efek jera kepada oknum yang sering membawa miras itu," tegas dia.

Jika hal itu tidak dilakukan tambah Bahtiar, maka polisi telah membiarkan oknum ABK kapal atau pelaku merasa leluasa memasok miras lewat kapal.

"Polisi harus lebih tegas dan bekerja sama dengan instansi berwenang agar dapat mencabut izin berlayar kapal jika terus membawa miras tanpa pemilik ke Kota Ternate khususnya, Maluku Utara pada umumnya. Ini kalau dilakukan maka sangat pasti kapal tersebut tidak akan lagi membawa masuk miras di Kota Ternate," pungkas Bahtiar. (wm-02)

Komentar

Loading...