Kadis Sebut Kebutuhan dan Ketersediaan Anggaran di Dinas Ketahanan Pangan Belum Berimbang

Muhammad Hartono

Ternate, malutpost.id -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kota Ternate, Maluku Utara, Muhammad Hartono, berharap perhatian DPRD Kota Ternate terkait alokasi anggaran pada tahun 2024.

"Tanggung jawab kita besar melihat hajat hidup warga Kota Ternate yang begini luas," kata Muhammad Hartono, kepada malutpost.id, Kamis (3/8/2023).

Tapi kemudian, lanjut dia, belum diimbangi dengan sistem penganggaran atau ketersediaan anggaran yang memadai.

Meski begitu, dia mengatakan, komisi II sangat jeli dan teliti pada penyampaian Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2024 dinas ketahanan pangan.

Bagaimana membandingkan mulai dari item per item, antara dokumen rencana kerja dengan dokumen KUA PPAS.

Hartono juga mengapresiasi komisi II yang dengan serius, terkait bagaimana supaya dinas pangan diberikan alokasi yang lebih besar dalam rangka pengelolaan ketahanan pangan di Kota Ternate.

"Insya Allah ada upaya-upaya dari komisi II untuk melakukan nanti peninjauan, dalam hal peningkatan anggaran dinas pangan. Karena memang, ini dinas yang mengurusi urusan wajib dan koheren" tuturnya. "Untuk rencana anggaran tidak ada perubahan 2023 dan 2024," tambah Hartono.

Dia menyebut, dari rencana anggaran untuk program yang urusan pemerintah daerah atau urusan kebutuhan perkantoran sebesar 77 persen dari alokasi dinas ketahanan pangan, sisanya 23 persen untuk membiayai bidang-bidang dari jumlah 6,4 miliar tahun 2024 nanti.

"5 miliar untuk penunjang urusan pemerintahan daerah dalam hal ini perkantoran, sisa 1 miliar membiayai kegiatan di empat bidang," jelasnya.

"Kita berharap agar supaya ada perhatian, terkait penganggaran untuk dinas pangan disesuaikan dengan tanggungjawab dinas pangan," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...