Polda Maluku Utara Kirim Sampel Emas Mentah ke Jakarta

Kantor Polda Maluku Utara.

Ternate, malutpost.id -- Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) dalam waktu dekat akan mengirim sampel bahan mentah emas ke pusat laboratorium forensik Jakarta untuk melakukan pemeriksaan kandungan emas.

Hal ini disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Malut, Kombes Pol. Afriandi Lesmana melalui Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus, Kompol Arinta Fauzi saat dikonfirmasi malutpost.id, (3/8/2023).

Pemeriksaan bahan mentah material yang diduga mengandung emas ini kata Arinta, untuk memastikan apakah material yang diselundupkan tersebut benar mengandung emas ataukah tidak.

"Ini kita periksa supaya lebih jelas," ungkap dia.

Arinta menyebut pihaknya juga belum melakukan pemeriksaan saksi ahli dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, penyidik juga telah turun langsung ke Obi, Halmahera Selatan untuk memeriksa sejumlah saksi.

"Saksi ahli akan kita mintai keterangan jika sudah ada penetapan tersangka dulu," katanya.

Selain mengambil keterangan saksi di lokasi, lanjut Arinta, pihaknya juga melakukan pengamanan barang bukti sebanyak 1.600 karung untuk tahap pertama dan tahap kedua 600 karung yang diduga berisi bahan mentah emas.

"Posisi barang bukti saat ini sudah kami titipkan di Polsek Pulau Bacan yang dilengkapi dengan berita acara serah terima penitipan barang bukti," katanya.

“Kalau sesuai pengadukan, mereka (pelaku) baru sekali dan tertangkap, tapi akan kami dalami lagi," pungkasnya. (wm-02)

Komentar

Loading...