Semangat Warga Pelita, Halmahera Selatan ‘Sulap’ Lahan Kosong Jadi Sawah

Warga saat menanam padi

Ternate, malutpost.id -- Warga Desa Pelita, Kecamatan Mandioli Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara gotong royong membangun sawah untuk menanam padi.

Awalnya lahan tersebut belum difungsikan. Bahkan dipenuhi rerumputan dan semak belukar. Kini dimanfaatkan warga dengan mengolah menggunakan alat pembajak tanah hingga pada puncak penanaman perdana benih padi.

Proses pembajakan yang dilakukan sudah sekitar beberapa bulan lalu. Atas semangat gotong royong warga, lokasi tersebut pun membentuk sawah dengan luas sekitar setengah hektare layaknya kebun sawah pada umumnya.

Kepala Desa Pelita Muhdi Umar, saat dikonfirmasi malutpost.id, menyebutkan, sawah itu sebagai percontohan bagaimana memberi semangat warga menanam beras secara mandiri.

"Kurang lebih setengah hektare. Nah ini hasilnya nanti kurang lebih 600 kilo beras," kata Muhdi Umar kepada malutpost.id, Jumat (4/8/2023).

Selain itu, Kades bilang, adanya sawah tersebut bisa menopang ekonomi masyarakat hari ini dan akan datang. Sebab sawah tersebut milik masyarakat dan akan dinikmati masyarakat desa.

"Jika ini berhasil, maka masyarakat diarahkan untuk memanfaatkan lahan tidur untuk buat sawah," ujar Muhdi mengakhiri. (mg-12)

Komentar

Loading...