Sudaryanto Sebut Pernyataan Suleman Patras Menyesatkan

Sudaryanto, SH. MH

Ternate, malutpost.id -- Pernyataan Suleman Patras, selaku Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Maluku Utara dianggap menyesatkan publik.

Pasalnya Komisioner Bawaslu Maluku Utara ini menyampaikan ke publik melalui pemberitaan soal rolling jabatan jelang Pemilu.

"Bawaslu Maluku Utara memberikan warning kepada para kepala daerah untuk tidak lagi melakukan rolling jabatan enam bulan jelang dimulainya tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Tahapan Pilkada sendiri akan dimulai Februari 2024 mendatang, itu artinya mulai September, bulan depan rolling jabatan sudah tidak boleh lagi dilakukan," kata Suleman dalam pemberitaan.

Menanggapi itu, Akademisi Fakultas Hukum Universitas Khairun, Sudaryanto, mengatakan, pernyataan Kordiv Hukum itu secara substantial keliru.  Dia mengatakan merujuk pada pasal 71 ayat (2) UU Pilkada, larangan penggantian pejabat itu terhitung 6 bulan sebelum penetapan calon, bukan 6 bulan sebelum tahapan dimulai yang oleh Suleman disebutkan bulan September.

Baca berdasarkan undang-undang...

Selanjutnya 1 2 3

Komentar

Loading...