KPU Kota Ternate Temukan 56 Caleg TMS

Kantor KPU Kota Ternate

Ternate, malutpost.id -- Hasil verifikasi tahap dua calon legislatif Kota Ternate, Maluku Utara ditemukan ada 56 orang tidak memenuhi syarat (TMS).

Divisi Tehnik Penyelenggara KPU Kota Ternate, Kuad Suwarno, mengatakan, dari jumlah caleg yang diajukan sebanyak 540 orang itu, setelah dilakukan verifikasi sampai pada tanggal 6 Agustus 2023 kemarin ditemukan 56 orang yang TMS.

"Saat ini masuk tahapan pencermatan rancangan DCS mulai tanggal 6 hingga 11 Agustus 2023, ini diharapkan para caleg segera melakukan perbaikan," kata Kuad, kepada malutpost.id, Senin (7/8/2023).

Bagi caleg yang TMS, Kuad mengatakan, bisa melengkapi dokumen yang bermasalah seperti ijazah yang belum sempat di upload ke sistem informasi pencalonan atau Silon pada saat tahap verifikasi.

"Mau diperbaiki ya melengkapi dan mengupload dokumen dan dimasukan di silon," jelas Kuad.

Dia menambahkan, khsusus partai politik (Parpol) yang akan mengganti caleg menurutnya parpol memasukkan dan melengkapi persyaratan bacalegnya sesuai pasal 11 dan 12 PKPU nomor 10 tahun 2023.

"Dan diiapload ke silon dengan metode penyampaian secara mitatis mutandis berdasarkan pasal 67 ayat 1 dan 2 PKPU 10 2023," pungkasnya. (mg-12)

Komentar

Loading...