21 UMKM Ini Bakal Memeriahkan Festival SERUMBI

Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto, saat bicara terkait UMKM

Ternate, malutpost.id -- Sebanyak 21 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bakal memeriahkan Festival SERUMBI atau Semarak UMKM dan Keuangan Digital Bank Indonesia Maluku Utara.

Kepala Perwakilan BI Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto mengatakan, SERUMBI merupakan puncak dari rangkaian program pengembangan UMKM binaan Bank Indonesia tahun 2023

"Direncanakan berlangsung di Landmark Kota Ternate pada 18 hingga 20 Agustus 2023, menjadi rangkaian Pekan QRIS Nasional (PQN)," kata R Eko, Sabtu (12/8/2023).

Dia bilang, berawal dari kegiatan kurasi atau proses penyeleksian terhadap produk UMKM yang telah terdaftar,  dari pesertanya 137 UMKM lalu terseleksi menjadi 17 UMKM.

Kemudian 17 UMKM itu, mendapat pelatihan mengenai standardisasi produk, digital marketing dan proses rebranding hingga menyisakan 7 UMKM.

"Yang selanjutnya menjadi calon UMKM binaan atau mitra Bank Indonesia lainnya," ujarnya.

Untuk 7 UMKM kata dia, akan ditampilkan di SERUMBI bersama dengan 14 UMKM binaan atau mitra Bank Indonesia lainnya.

Eko berujar, dalam pameran tersebut, juga diselenggarakan Business Matching antara perbankan dengan UMKM binaan BI. Sementara itu, Pekan QRIS Nasional (PQN) adalah festival dalam rangka mendorong perluasan QRIS yang meliputi penggunaan dalam transaksi, jumlah merchant dan jumlah pengguna.

"Ini diharapkan menjadi pemantik semangat inovasi dan sinergi dalam rangka kebangkitan ekonomi Maluku Utara melalui pemberdayaan UMKM dan akselerasi keuangan digital," jelas dia.

Festival itu, lanjut Eko, diharapkan juga dapat membantu masyarakat umum dalam peningkatan penggunaan QRIS sebagai media pembayaran sehari-hari.

Diketahui PQN diselenggarakan secara serentak se Indonesia yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 20 Agustus 2023.

Di Maluku Utara, dimulai  tanggal 14 Agustus 2023 di Royal Resto, dilanjutkan dengan program QRIS yang disinergikan dengan rangkaian acara Pemkot Ternate melalui acara gerak jalan.

Eko menambahkan, SERUMBI adalah puncak kegiatan dan akan diisi acara hiburan dengan mengahdirkan Vicky Salamor dan Grup Band Maluku Utara, Treeshome. (mg-12)

Komentar

Loading...