Alasan Wakil Bupati Kepulauan Sula Minta Masyarakat Tak Salahkan Pemda Soal Kali Baleha

M Saleh Marasabessy. (Foto: Hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id -- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, H. M Saleh Marasabessy, menyebut jembatan kali baleha Baleha, Kecamatan Sulabesi Timur belum bisa dikerjakan.

Meski banyak desakan publik soal kali selebar 70 meter itu belum bisa dikerjakan lantaran pembangunan sebelumnya gagal konstruksi.

"Yang saya tahu itu jembatan (Baleha) belum bisa diselesaikan karena masalahnya gagal konstruksi," kata Saleh, Senin (14/8/2023).

Karena itu, mantan birokrat senior itu meminta masyarakat Kepsul tidak menyalahkan pemda atau bupati dan wakil bupati. Sebab, lanjut Saleh, proyek pembangunan pada masa pemerintahan sebelumnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara untuk diselidiki.

Saleh menyebut, pemerintah tetap memperjuangkan jembatan tersebut agar dapat dikerjakan. Dia memperkirakan, pembangunan jembatan tersebut dapat menelan dana Rp20 – 30 miliar.

"Kita perjuangkan untuk balai (kementrian) kerja supaya uang daerah jangan terkuras. Karena anggaran belanja Kepulauan Sula hanya Rp200 miliar lebih kalau dibagi habis untuk program-program yang menjadi skala prioritas, maka dihitung-hitung jembatan Baleha sabar dulu, kita buat dulu jalan-jalan supaya daerah-daerah yang terisolasi bisa terbuka. Jembatan Baleha begitu pun kita masih bisa lewat," pungkas Saleh. (mg-01)

Komentar

Loading...