Dikukuhkan, 63 Paskibraka Ternate Siap Kibarkan Bendera Merah Putih

Pasukan pengibar bendera tahun 2023 saat dikukuhkan oleh Wali Kota Ternate.

Ternate, malutpost.id -- Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kota Ternate, Maluku Utara siap kibarkan bendera pada upacara HUT RI ke-78, tahun 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ternate, Sutopo Abdullah, melalui Kabid Pemuda, Fadli, saat dikonfirmasi malutpost.id, mengatakan, 63 pasukan pengibar telah dikukuhkan oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman pada Senin (15/8/2023) malam di Benteng Orange.

"Pada tanggal 15 Agustus 2023 bertempat di situs cagar budaya Benteng Orange, 63 Paskibraka dikukuhkan. Mereka siap mengibarkan bendera," kata Fadli, kepada malutpost.id, Rabu (16/8/2023).

Pengukuhan di Benteng, kata Fadli, karena secara histori merupakan jejak peninggalan sejarah, perjuangan para pejuang dalam mengusir penjajah untuk meraih kemerdekan.

"Tergabung dalam kelompok Khairun (Pengibaran) dan kelompok Babullah (Penurunan) yang akan mengibarkan bendera di lapangan Sunyie Lamo, Salero," tutur dia.

Dia bilang, pengukuhan tersebut dihadiri para Muspida, pimpinan OPD, para orang tua paskibraka dan masyarakat.

"Wali Kota Ternate mewakili masyarakat dan pemkot menyampaikan selamat bertugas kepada ananda semua, yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai anggota Paskibraka," kata Fadli.

"Pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan, yang tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya momentum HUT RI ke-78 Proklamasi," sambungnya.

Lanjut dia, momen itu harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian dan senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Tetap semangat membangun bangsa, memajukan negeri, serta membanggakan sekolah asal," pungkasnya sembari berharap pengibaran hingga penurunan berjalan lancar. (mg-12)

Komentar

Loading...