Upacara HUT RI di Atas Dermaga “Mangkrak”, Warga Hiri Ternate Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Aliansi Masyarakat Pulau Hiri (AMPUH) saat upacara HUT RI di atas tetrapot dermaga Hiri, Kamis (17/8/2023).

Ternate, malutpost.id -- Puluhan warga Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang saat upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di atas beton tetrapod (pemecah ombak), dermaga Pulau Hiri, Kamis (17/8/2023).

Bendera setengah tiang yang dikibarkan pemuda Aliansi Masyarakat Pulau Hiri (AMPUH) tersebut sebagai bentuk protes warga kepada pemerintah yang tidak bisa menyelesaikan dermaga penyebrangan Sulamada ke Pulau Hiri.

"Meraih kemerdekaan itu direbut oleh rakyat. Rakyat rela mengorbankan jiwa dan raga hingga pertumpahan darah. Bahkan ada pula yang disiksa, dianiaya sampai dibunuh, dan ketika proses pembangunan itu tidak sesuai dengan pri kemanusiaan dan pri keadilan, maka kami pun perlu mengingatkan pemerintah, sama halnya dengan Pemerintah Kota Ternate yang tak menjalankan pembangunan sesuai kondisi masyarakat saat ini," kata Wawan Iliyas, Korlap AMPUH usai upacara bendera.

Menurutnya, warga Hiri sudah bertahun-tahun berjuang untuk mendapatkan pelabuhan Sulamadaha - Hiri yang menjadi kebutuhan utama masyarakat setempat. Hanya saja, harapan masyarakat belum juga direalisasikan Pemkot Ternate.

Kata Wawan, Pemkot Ternate tidak serius memerdekakan masyarakat di tiga pulau terluar salah satunya Kecamatan Pulau Hiri.

Baca halaman selanjutnya...

Selanjutnya 1 2

Komentar

Loading...